KAMI 2018 dituntaskan dengan 12 rencana aksi dan festival musik

oleh -42 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Konferensi Musik Indonesia 2018 pada hari ketiga, Jumat (9/3), semakin disemarakkan dengan kehadiran artis nasional bukan saja dalam hal entertain, namun juga berdiskusi.

Rilis berita yang diterima wartawan dari tim publikasi KAMI, Ame Hutami, menyebutkan panel penutup konferensi di hari ketiga membahas tentang ”Musik sebagai Alat Perdamaian, Pemersatu Bangsa, dan Gerakan Anti Korupsi” dipandu langsung oleh presenter nasional, Najwa Shihab.

Dimana, hasil diskusi ini lebih menajamkan pemahaman bahwa musik bukan hanya estetika dan industri tetapi juga sarana pembangun kesadaran yang kuat.

Bahkan, melalui diskusi dimaksud juga ditegaskan bahwa kurikulum musik di sekolah perlu diperbaiki dan disejajarkan dengan kurikulum ilmu pengetahuan.

Link Banner

Perlu penyebaran konten musik sebagai bagian dari budaya dari dan ke berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga  Tiga Ekonom ini Prediksi Indonesia Masuk Jurang Resesi

Ajang KAMI 2018, juga menghasilkan rencana aksi yang menjadi rekomendasi bagi program kerja pemerintah dan berbagai organisasi dalam ekosistem musik Indonesia.

Hal tersebut dituangkan dalam deklarasi yang dihasilkan dari kegiatan Bincang Musik yang difasilitasi oleh Koalisi Seni Indonesia.

Dalam sambutan penutup kegiatan, Ketua Komite KAMI 2018, Glenn Fredly, menyampaikan sangat bersyukur atas terlaksananya konferensi ini.

”Sejarah berulang dalam kisah yang berbeda. Musik Indonesia memasuki babak baru untuk kemajuannya yang dimulai hari ini dari tanah raja-raja Ambon-Maluku dalam perjalanannya ditetapkan sebagai situs kota musik dunia oleh UNESCO. Semoga pertemuan lintas bidang dalam ekosistem musik di Konferensi Musik Indonesia yang pertama ini dapat memberikan buah pikir bersama secara positif dan komprehensif demi masa depan musik Indonesia yang kita cita-citakan bersama” tegasnya.

Baca Juga  Orang Sula Diajak Pilih ZADI-IMAM

Menurutnya, penyelenggaraan peringatan Hari Musik Nasional sengaja memilih lokasi di Kota Ambon yang merupakan bagian dari upaya pemerintah dan seluruh elemen masyarakat mewujudkan Ambon sebagai Kota Musik Dunia.

Kegiatan KAMI 2018 dituntaskan dengan penyelenggaraan Festival Musik di Lapangan Merdeka.

Dimana, acara ini turut dimeriahkan oleh G Star Dance, Soft East Band, Amboina Bananas, Manumata RAP Crew, Andi Ayunir & 32 Biduan, Robby Navicula, Sense Session featuring Doddy Latuharhary & Maluku Hiphop Crew, Gugun Blues Shelter featuring Once Mekel, The Tropical Sound of Ivan Nestorman, Ras Muhamad, Fariz RM, Barry Likumahuwa featuring Edo Kondologit, Andre Hehanusa, Margie Siegerz, Papua Original Yopie Latul, dan ditutup oleh penampilan dari SLANK.

Baca Juga  KAHMI Malut minta proses hukum dan Pecat anggota HMI pelaku pengrusakan sekretariat dan Pembakaran Bendera HMI di Cabang Sanana

Festival Musik tersebut merupakan puncak acara sekaligus apresiasi untuk kota Ambon sebagai City of Music, yang bertepatan dengan Hari Musik Nasional. (redaksi)