Kantor Kementerian Agama Halsel, Gelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Ke- 75

oleh -31 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke- 75, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Selatan menggelar upacara yang digelar secara terbatas bertempat di halaman Kantor Kemenag jalan karet putih Labuha, Selasa, (5/1/2021).

Dalam upacara yang bertema “Indonesia Rukun” dihadiri oleh Kakan Kemenag Drs. H. La Sengka La Dadu, M. Pd.I, sekaligus menjadi inspektur upacara (Irup). Turut hadir Kasubag Tata Usaha Juhari S. Tawary, para Kepala Seksi dan Penyelenggara, Pengawas Madrasah, para Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah dari berbagai tingkatan dalam wilayah Bacan.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari ASN Kantor Kabupaten, KUA Kecamatan, Guru Madarasah dan Penyuluh Agama non PNS serta anggota DWP Kantor Kementerian Agama Halmahera Selatan.

Baca Juga  Kapolda Minta Sidang ke-38 Sinode GPM Terapkan Protokol Kesehatan

Amanat Menteri Agama Republik Indonesia pada upacara Hari Amal Bakti Ke- 75 Tahun 2021 dibacakan oleh Kepala Kantor H. La Sengka La Dadu selaku Irup mengatakan Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun”.

Link Banner

Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Lebih lanjut Menteri Agama RI, menegaskan di negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas. Dalam kaitan itu, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing, di mana hak seseorang dibatasi oleh hak-hak orang lain.

Baca Juga  Kapolda Maluku Utara Pimpin Patroli Bersepeda Cek Pos-Pos Ops. Ketupat 2020 dan Kampanyekan Penggunaan Masker

Pancasila adalah ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai keindonesiaan sebagai bangsa yang beragama. Sila pertama dan utama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, meneguhkan identitas nasional sebagai bangsa yang beragama dan bermoral. Komitmen religius dan moralitas menjadi barometer apakah suatu bangsa dapat menjadi bangsa yang besar atau tidak,” tutur Menag RI.

Dalam kesempatan ini, saya ingin mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama. Semangat Kementerian Agama baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci.

Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Baca Juga  Miliki ambulance, DPW NasDem layani kesehatan masyarakat miskin

Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Upacara peringatan Hari Amal Bakti ke- 75 dilingkungan Kantor Kementerian Agama Halmahera Selatan dirangkaikan dengan pengukuhan Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI), penyematan Satya Lencana, Penyerahan SK Kenakan pangkat dan SK jabatan pelaksana secara simbolis yang diserahkan oleh Kakan Kemenag H. La Sengka La Dadu.

Turut mendampingi Kakan Kemenag Kasubag Tata Usaha Juhari S. Tawary dan para Kepala Seksi. (adhy)