Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Gelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2020

oleh -49 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Menjelang akhir tahun Bank Indonesia biasanya menyelenggarakan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI). Hari ini (3/12/2020) Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) Provinsi Maluku menggelar PTBI di Aula Kantor Gubernur lantai 7 dengan tema “Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi”.

Pertemuan ini ditujukan guna menyampaikan pandangan mengenai kondisi perekonomian dalam satu tahun berjalan dan prospek ke depan serta arah kebijakan Bank Indonesia.

Dalam sambutannya Kepala KPwBI Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang mengatakan, inflasi Maluku pada November 2020 rendah dan terkendali, namun masih berada di bawah sasaran inflasi. Rendahnya inflasi Maluku disebabkan oleh terbatasnya daya beli masyarakat pada masa pandemi Covid-19.

Dari sisi stabilitas keuangan, penyaluran kredit Maluku hingga triwulan III 2020 menurun, sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) Maluku tumbuh menguat.

“Hal ini sejalan dengan perilaku masyarakat yang mengurangi konsumsi dan cenderung menyimpan uang pada masa pandemi Covid-19”, ujarnya dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga  Kampanye di Moya, Merlisa Paparkan Janji Kesejahteraan

Menurutnya kinerja ekonomi Maluku keseluruhan tahun 2020 diprakirakan lebih rendah dibandingan dengan tahun 2019. Namun demikian ekonomi Maluku akan kembali membaik pada tahun 2021 sejalan dengan proses pemulihan dan membaiknya daya beli masyarakat.

Dalam PTB ini juga dilaksanakan Bank Indonesia Awards dengan 7 kategori yaitu:

  1. TPID paling aktif dalam pengendalian inflasi diberikan kepada TPID Kabupaten Maluku Tenggara, TPID Kabupaten Buru Selatan, TPID Provinsi Maluku.
  2. Dinas OPD paling aktif dalam pengendalian inflasi diberikan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Biro Ekonomi Provinsi Maluku, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku.
  3. Bank dengan tingkat kepatuhan pada standar & ketentuan BI dalam pengedaran uang diberikan kepada Bank Artha Graha.
  4. Kontak liaison terbaik diberikan kepada PT. Maluku Prima Makmur, Indogrosir Cabang Ambon, PT. Garuda Indonesia Cabang Ambon.
  5. Media paling partisipatif diberikan kepada Metro Maluku & Fokus Maluku.com.
  6. UMKM berprestasi diberikan kepada Pigi Pasar.
  7. Penerima beasiswa berprestasi diberikan kepada Arifa Amni dari IAIN Ambon.
Baca Juga  Wujudkan SMASKris YPKPM Ambon yang terus eksis dan unggul

Manulang berharap para pemerintah daerah maupun stakeholder bisa membantu atau mendukung pelaksanaan tugas BI kedepan. BI sendiri juga akan lebih berkoordinasi dan berharap pemerintah-pemerintah daerah juga tidak ragu-ragu lagi untuk menjual program unggulannya. (alena)