Kantor Telkom terbakar, layanan komunikasi dan ATM lumpuh

oleh -36 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Perayaan Cap Go Meh di Kota Ambon menjadi berkurang maknanya, setelah salah satu provider layanan telekomunikasi di kota berjuluk manise ini mengalami musibah.

Tepatnya, salah satu kantor milik PT Telkom yang berada di Jalan Raya Pattimura mengalami kebakaran, Selasa (5/2).

Akibat kebakaran dimaksud jaringan telekomunikasi menggunakan layanan Telkom grup pun mengalami kelumpuhan.

Pasca kebakaran dimaksud, penyedia layanan telekomunikasi dimaksud pun bergerak cepat dan dapat memulihkan beberapa layanannya seperti Telkomsel, IndiHome dan jaringan lainnya.

Link Banner

Sayangnya, semakin membaiknya jaringan telekomunikasi dimaksud, masih belum dibarengi dengan pulihnya layanan sejumlah Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Akibat gangguan dimaksud, tercatat 33 unit ATM di Kota Ambon yang belum berfungsi, terlebih layanan ATM  ini masih menggunakan jaringan kabel tembaga.

Baca Juga  Model Demokrasi di Indonesia, Dari Tentara ke Polisi

Sementara untuk jaringan yang memakai kabel optik sudah bisa berfungsi seperti biasa.

Hal ini pun dibenarkan General Manager PT. Telkom (Persero) Wilayah Sulawesi Maluku, Haris Setiawan, saat berhasil dikonfirmasi wartawan sehari sesudah musibah dimaksud.

”Ada 33 ATM tidak berfungsi karena masih pakai kabel tembaga, kalau yang sudah pakai kabel optik sudah bisa berfungsi,” ujarnya.

Menurutnya, layanan ATM yang masih menggunakan jaringan kabel tembaga akan digantikan pihaknya dengan jaringan fiber optik (FO), sehingga ATM pun dapat segera difungsikan.

”Saat ini kita juga pararel menggantikan jaringan tembaga ke jaringan FO,” tegasnya.

Selain ATM, tegasnya, layanan Telkom lainnya yang masih menggunakan jaringan kabel tembaga, jaringannya jugas masih belum berfungsi.

Baca Juga  YAMIN-ADA Akan Bangun Pusat Kuliner Lokal untuk Emak-emak

Salah satu kekurangan penggunaan jarinagn dengan kabel tembaga, jelasnya, yakni menghidupkan jaringan dimaksud membutuhkan waktu sangat lama, sehingga jaringan tersebut harus diganti terlebih dahulu.

”Kita sudah menurunkan teknisi untuk mengganti jaringan tersebut, laporannya selalu terpantau,” jelasnya.

Tentang penyebab pasti terjadinya kebakaran dimaksud, tambahnya, pihaknya masih menantikan hasil penyelidikan aparat kepolisian.

”Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Makassar juga sudah melakukan olah tempat kejadian perkara di lokasi kebakaran di Gedung Telkom Ambon di Jalan Pattimura,”pungkasnya. (keket)