Kanwil Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Ujian Madrasah

oleh -65 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Pendidikan Madrasah diadakan ataupun dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk manusia yang berkualitas, yakni manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehat, cakap dan professional, mandiri, berdaya saing sehingga berguna bagi kemajuan agama, masyarakat, bangsa dan negara.

Untuk melaksanakan tujuan tersebut madrasah melakukan suatu proses belajar mengajar dimana proses tersebut akan dinilai sebagai salah satu indikator keberhasilan sebuah madrasah dalam menjalankan fungsinya.

Dalam mempersiapkan fungsi penilaian pendidikan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara dalam hal ini Bidang Pendidikan Islam menggelar kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2019/2020, Kamis (20/02) di Gedung MDC Dufa-Dufa Ternate.

Kegiatan yang diikuti oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam Kab/Kota, Kepala MAN dan MTsN tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Prov. Malut, H. Sarbin Sehe didampingi Kabid Pendis Islam, H. Adam Ma`rus dan Kasi Guru dan Tenaga Kependidikan Jamaludin Sehat.

Dalam arahannya Kakanwil menyampaikan Ujian Nasional, Ujian Madrasah maupun Ujian Madrasah Berstandar Nasional dalam pelaksanaannya telah diatur dalam regulasi tersendiri yang dikeluarkan oleh dua institusi yakni Kemendikbud dan Kemenag, oleh sebab itu sinkronisasi kebijakan dua institusi tersebut harus selalu di update mengingat kebijakan yang terus berkembang menuju semakin efisien dan efektifnya pelaksanaan.

Baca Juga  Tampil Modis dan Tetap Hangat dengan Outfit Musim Hujan Ini

Lebih lanjut H. Sarbin mengingatkan kepada Kepala Madrasah yang hadir untuk selalu melaksanakan tertib administrasi terutama tentang data siswa sehingga kedepan tidak ada kendala-kendala penginputan data siswa pra ujian. “Saya berharap kepada Kabid Pendis untuk berupaya maksimal menyelesaikan permasalahan pada data emis, dan tahun depan dapat tuntas”, pungkasnya.

Sementara itu Ketua Penitia Pelaksana kegiatan Mahrum Rifai menjelaskan tujuan kegiatan tersebut adalah sebagai upaya peningkatan kinerja penyelenggara ujian madrasah serta memperoleh informasi terbaru tentang tata laksana penyelenggaraan ujian itu sendiri pada tingkat provinsi, kab/kota dan satuan pendidikan.

Mahrum juga menjelaskan kegiatan tersebut selain pemateri lokal juga mendatangkan pemateri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara yang akan mensosialisasikan mekanisme pelaksanaan ujian dalam upaya sinkronisasi antara Kemenag dan Diknas. “Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari dan melibatkan 54 orang peserta dari Kabupaten Kota se Maluku Utara”, tutupnya. (adhy/inmas)