Kanwil Kemenkumham Malut Ikuti Kegiatan Entry Meeting Pemeriksaan BPK Secara Virtual

oleh -7 views
Link Banner

Porostimur.com | Sofifi: Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku Utara (Malut) menyaksikan kegiatan teleconference Entry Meeting pemeriksaan BPK RI yang dilakukan oleh seluruh jajaran Kemenkumham RI melalui media Zoom Meeting.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi, Raymond J.H.T, Pejabat administrator dan staff SubBagian Keuangan dilaksanakan di ruang Aula Kanwil Malut, Kamis (11/02/2021).

Dalam sambutannya Menteri Kemenkumham RI,Yasonna Laoly menyampaikan bahwa laporan keuangan merupakan salah satu bentuk pertanggung jawaban Kementerian / Lembaga dalam pengelolaan APBN.

“Proses pemeriksaan oleh BPK RI dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam menjaga akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara”, kata Yasona.

Menurutnya, sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab dan tanggung jawab setiap Kementerian / Lembaga, tidak terkecuali Kemenkumham untuk menyusun Laporan Keuangan sesuai dengan kaidah Standar Akuntansi Pemerintah yang berlaku.

Baca Juga  BSMI Buka Kelas Darurat dan Trauma Healing Anak-anak Pengungsi Gempa Maluku

Yasona Laoli menjelaskan, Kemenkumham telah menyandang penghargaan dari Menteri Keuangan sebagai kementerian yang berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI selama 10 kali berturut-turut pada tahun 2020.

Dia bilang, pencapaian WTP merupakan sebuah kewajiban yang harus dipenuhi sehingga diharapkan agar temuan-temuan atas pemeriksaan BPK RI dapat ditindaklanjuti dan diselesaikan.

Temuan tersebut mengenai kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan Sistem Pengendalian Intern (SPI).

Menkumham menegaskan dalam arahannya, Seluruh jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia agar senantiasa memberikan jawaban dan data dukung dengan permintaan tim BPK RI secara jelas, akurat dan akuntabel.

“Saya yakin, ASN Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai Insan Pengayoman akan bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kewenangan dan amanan diembannya”, ungkapnya. (red)