Kapolda Maluku Beri Pembekalan Kepada Personil Satgas BKO Kodam Pattimura

oleh -36 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar berkesempatan memberikan pembekalan kepada ratusan personil Satgas BKO Kodam Pattimura bertempat di Mako Rindam XVI/Pattimura, Desa Suli, Kec Salahutu, Kab Malteng, Senin (13/7/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi panduan setiap Prajurit yang bertugas di daerah penugasan khususnya terkait sinergitas TNI-Polri.

Kapolda Maluku, Irjen Pol. Baharudin Djafar menegaskan, sinergitas dan soliditas TNI/Polri, khususnya di Maluku menjadi harga mati yang tidak bisa ditawar. Hal itu merupakan perintah dari Presiden Joko Widodo, maupun Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Menurutnya, TNI/Polri merupakan garda terdepan dalam menjaga, dan mempertahankan kedaulatan maupun keutuhan NKRI serta pelindung bagi seluruh rakyat Indonesia.

Link Banner

Kapolda menambahkan, sinergitas dan soliditas TNI Polri di Maluku, telah mendapatkan pengakuan dari Panglima TNI maupun Kapolri. Bahkan kedua pimpinan TNI Polri itu minta seluruh jajaran untuk jadikan Maluku sebagai contoh yang baik. 

“Kita harus pertahankan dan tunjukan bahwa TNI/Polri, di Maluku adalah satu rahim yang tidak bisa dipisahkan,” tutur Kapolda Maluku.

Baca Juga  Nono Sampono Minta Putri Maluku Suarakan RUU Daerah Kepulauan di Ajang Putri Indonesia 2020

Irjen Pol Baharudin Djafar juga mengatakan, wujud negara hadir adalah, hadirnya TNI dan Polri di tengah masyarakat, presiden berpesan selama tni polri bersinergi maka saya tidak akan ragu memimpin negara ini, artinya presiden menggantungkan harapan kepada TNI Polri.

“Sejarah yang membuat saya dekat dengan TNI, kemana pun saya bertugas selalu mengajak tni besebelahan, berdampingan, selalu seiring berjalan dalam pelaksanaan tugas,”Kata Irjen Pol Baharudin Djafar.

Lanjut dikatakan, Kapolda, Setiap kegiatan kita direkam. Inilah pimpinan TNI Polri sama-sama ingin memberikan bekal yang cukup pada jajaran sehingga dapat menampilkan diri yang terbaik.

“Selama ini saya dan Pangdam sampai kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang ada di lapangan saling berkomunikasi dan berkomunikasi dalam setiap kegiatan dan pelaksanaan tugas. dan Setiap pekerjaan harus diawali dengan doa,” ujar Kapolda.

Masih kata, Kapolda, di masa pandemik covid 19 ini kita harus jadi contoh, dalam mengingatkan masyarakat harus selalu humanis. dan Dalam melaksanakan tugas kita harus bekerja kedepankan mata hati.

Baca Juga  Hasil Lengkap dan Klasemen Bundesliga - Haaland Cetak Gol Lagi, Dortmund Bantai Schalke di Revierderbi

Sebagai wujud komitmen bersama dalam meningkatakan sinergitas yang telah dibangun, maka diperlukan langkah-langkah strategis yang terkordinasi dengan baik untuk mengantisipasi dan menangani setiap permasalahan, dengan tetap mempedomani peran, tugas pokok, dan fungsi masing-masing sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Di wilayah, memanfaatkan lahan tidur dengan tujuan meningkatkan ketahanan pangan di wilayah tersebut, TNI Polri harus menjadi dinamisator, inisiator,” ucap Kapolda.

Lebih jauh dikatakan, Adapun beberapa langkah nyata yang harus segera dilakukan adalah Sinergikan bhabinkamtibmas dan babinsa dalam mendeteksi semua potensi konflik dan permasalahan sosial di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya serta mengikutsertakan pranata sosial atau adat sebagai langkah awal dalam upaya penyelesaiannya.

Selain itu, Sinergikan fungsi intelijen untuk melakukan deteksi dan pencegahan dini melalui pertemuan berkala dalam menyikapi potensi konflik dan permasalahan sosial yang ada sesuai peta potensi kerawanan di masing-masing wilayah.

Meningkatkan intensitas pertemuan bersama sampai pada kesatuan terdepan seperti latihan bersama, kegiatan sosial dan olahraga bersama dalam upaya menumbuhkan rasa kebersamaan dan soliditas serta sinergitas TNI-Polri. Mengaktifkan media commander wish TNI-Polri hingga ke satuan terbawah guna meningkatkan sinergitas dan soliditas antar kelembagaan.

Baca Juga  Bangun Posko Covid-19, Camat Galela Selatan Tagih Uang Dari Para Pedagang

“Meleburkan diri di masyarakat, sehingga ketika selesai melaksanakan tugas maka mereka akan rindu. Berikan contoh, satu ketauladanan lebih berarti daripada sejuta arahan. Selamat bertugas kepada rekan-rekan sekalian, para personel Satuan BKO Kodim Persiapan Indonesia Bagian Timur di wilayah Kodam XVI/Pattimura T.A. 2020, semoga tugas dan pengabdian yang saudara-saudara dharma baktikan kepada bangsa, negara dan masyarakat, mendapat ridho dan berkah dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” tutup Kapolda Maluku.

Sementara itu, Pangdam XVI/Pattimura yang turut hadir sangat memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kapolda Maluku atas waktu dan perhatiannya kepada seluruh Prajuritnya.

“Kita tetap dan selalu bersama dengan jajaran kepolisian di Maluku. Kita juga harus tunjukan kepada seluruh rakyat Indonesia, khususnya Maluku bahwa TNI/Polri adalah saudara kandung, yang tidak akan dipisahkan dalam situasi dan kondisi apapun”, ujar Pangdam. (keket)