Kapolda Maluku Gelar Duduk Bacarita Bersama Para Tokoh Pulau Buru

oleh -38 views
Link Banner

Porostimur.com | Namlea: Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Baharudin Djafar, M.Si menggelar Duduk Bacarita Kamtibmas yang dihadiri Pemda Kabupaten Buru, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda. Bertempat di Resort Jikumerasa Desa Jikumerasa Kecamatan Liliyali Kabupaten Buru, Senin tanggal 27 Juli 2020 Pukul 21.00 WIT, semalam.

Giat ini dihadiri Plt Karo Ops Polda Maluku Kombes Antonius Wantri Yuliyanto SH, Dir Intelkam Polda Maluku, Kombes Yosef Sriyono Joko Handono S.I.K M.H, Bupati Buru Ramly I Umasugi S.Pi MM, Kapolres Pulau Buru AKBP Riki Purnama Kertapaty, S.IK M.Si, Dandim 1506 Namlea Letkol Infantri Syarifudin Azis S.Ag M.I Pol.

Selain itu hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Buru M Rum Soplestuni SE, Para PJU Polres Pulau Buru, BKO Pabungpol Spripim Polda Maluku, AKP Amandus Jhon, Kepala pengadilan Negeri Namlea, Kepala Pengadilan Agama Namlea, Kepala Rutan Namlea, Para Kapolsek Jajaran Polres Pulau Buru, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Mengawali Sambutan Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs Baharudin Djafar, mengucapkan Bismillahirohmanirohim assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat malam shalom Om swastiastu namo buddhaya salam kebajikan yang terhormat bapak ibu guru kabupaten buru bapak unsur pimpinan forkopimda kabupaten buru ada pak Dandim pak Kapolres pak kajari pak ketua pengadilan dan ketua pengadilan agama bapak bapak lbu orangtua kami alim ulama bapak bapak yang kami tidak dapat sebutkan satu persatu

“Alhamdulillahirobbilalamin syukur kita kepada Allah SWT, kita masih bisa di pertemukan dalam acara duduk bacarita Kamtibmas” ujar Kapolda dalam sambutannya.

Baca Juga  Anti-Tren, Buatlah Gaya Anda Lebih Nyaman di 2021

Lanjut Kapolda mengatakan, Kegiatan Duduk Bacarita Kamtibmas ini adalah salah satu masalah dan memecahkan masalah Konsep ini sebenarnya adalah konsep yang sudah |ama cuma kita mau memakai nilai-nilai kearifan lokal ada budaya yang sangat baik, di daerah Maluku misalnya Pela Gandong kemudian Ale rasa beta rasa kemudian banyak budaya budaya lokal yang ada di daerah ini.

“Menghadapi masalah Kamtibmas ini yang membuat kita duduk bersama untuk bercerita tentang Kamtibmas kalau kita buat makna kita tentang keburukan polisi di negeri ini menjadi sedikit karena kita bikinkan forumnya untuk menceritakannya”, ucap Kapolda

Masih Kata Kapolda mengatakan ada teori yang mengatakan seperti ini, kalau bangunan ini rusak ada jendela pecah segera dibetulkan kalau tidak gedungnya nanti yang ini yang digunakan oleh keamanan demikian pula kesehatan kesehatan itu jauh Iebih penting mencegah daripada mengobati begitu juga gangguan Kamtibmas penyakit masyarakat akan susah kita hadapi kalau kita tuh meledak biayanya besar kerugiannya banyak daripada kita Iebih proaktif memang kelihatannya seakan-akan kita menghinakan kita memang harus begitu saya katakan pada puisi dibalik rencananya itu tertulis mengayomi dan melindungi

Baca Juga  Amnesty International Nilai 6 Anggota FPI adalah Korban Pembunuhan Polisi

“Setiap insan Polri adalah PR publik relation Setiap tindakan yang kita ambil akan langsung ketahuan Setiap kejadian langsung viral dan semua mata memandang kita khususnya pihak Kepolisian dimana dalam hal ini mewujudkan SDM yang unggu dan Pemantapan harkamtibmas. Kita pihak Kepolisian harus To Serve and To Protect melindungi mengayomi dan melayani. ini harus tertanam pada diri kita sebagai pihak kepolisian buat kebaikan (Yang Hak) untuk menghilangkan kegelapan dengan pendekatan agama realigi seluruh agama dan hubungan sosial yang baik termasuk dalam penertiban razia tempat hiburan”, jelas Kapolda

Salah seorang narasumber Ricky Fatsey dalam masukannya Memberikan saran Bapak Kapolda sesuatu malam yang berbahagia ini saya sangat senang sekali bisa bertemu dengan bapak sebelum saya menyampaikan saran.

“Saya sebagai ketua Senkom saya juga seorang guru, kami dari Senkom Mitra Polri Alhamdulillah kami telah membantu pemerintah diantaranya kami memberikan masukan kepada Masyarakat di Kabupaten Buru selain itu mengadakan semprot desinfektan ke rumah-rumah Ibadah dan tempat-tempat umum.” kata Ricky Fatsey.

Baca Juga  Spesial Ramadan, Band Armada dan JOOX Rilis Lagu Hidup di Jalan-Nya

Masih Kata Ricky Fatsey terkait dengan untuk menghilangkan wabah penyakit Covid-19 kalau bisa saya usul kita melakukan istighosah bersama sehingga penyakit ini hilang di muka bumi ini adanya kita berdoa kepada Allah subhanahu wa taala dan mendekatkan diri kepada Allah sehingga wabah ini akan hilang.

Sementara itu ditempat yang sama Muhajir Selaku Ketua KNPI, berbicara soal Kamtibmas adalah tanggung jawab kita bersama secara kolektif seluruh masyarakat seluruh unsur pemuda memiliki hak dan tanggung jawab bersama untuk menjaga Kamtibmas secara aturan pemerintah republik Indonesia telah menetapkan bahwa Kamtibmas di adalah tanggung jawab penuh pihak kepolisian dan sudah berbicara soal Kamtibmas berbicara soal ekonomi kesejahteraan terjadi karena di beberapa tempat studi kasusnya itu orang bercerita soal rusuh dan tidaknya itu tergantung dengan pencapaian ekonomi yang diperoleh

“Untuk itu saya sarankan saya rekomendasikan saya sebagai ketua KNPI Kabupaten buru setiap saya secara kelembagaan merekomendasikan kepada Pak Kapolda Maluku agar supaya kita tahu jelas bahwa di tengah pandemi covid-19 ini banyak sekali anggaran yang di potong baik itu pemerintah daerah maupun pihak polisi dan TNI,” kata Muhajir. (ima/hp)