Kapolda Maluku Hadiri Apel dan Silaturahmi Besar ASN Kementerian Agama

oleh -34 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Drs Baharudin Djafar memimpin Apel dan silaturahmi keluarga besar Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama Provinsi Maluku, Selasa (21/7/2020).

Kegiatan yang digelar di Kantor Kementerian Agama ini turut dihadiri sejumlah pejabat utama Polda Maluku, diantaranya, Dir Intelkam Polda Maluku, Dir Pamobvit Polda Maluku, Dir Binmas Polda Maluku dan Dansat Brimob Polda Maluku.

Mengawali sambutanya kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis mengatakan, hadir dalam apel dan silaturahmi bersama Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Baharudin Djafar adalah seluruh pejabat kepala bidang, kepala bagian, pejabat fungsional di jajaran Kanwil Kemenag Prov Maluku dan seluruh ASN.

Selain itu, kata H. Jamaludin Bugis, aktifitas Kemenag terkait Covid-19. Dimana rapat rutin internal Kanwil Kemenag dan mengikuti rapat koordinasi bersama Pemda Provinsi Maluku.

“Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, pemantauan pelaksanaan ibadah di tempat-tempat ibadah serta edaran dan himbauan pelaksanaan ibadah di tempat-tempat ibadah dan membuat juknis pelaksanaan ibadah di tempat-tempat ibadah,” ujarnya.

Baca Juga  Tiga Pemain PSG yang Bikin Bayern Munchen Menderita

Selain sosialisasi, lanjutnya, pihaknya juga membuat juknis penanganan jenazah pasien covid-19 dan mengantisipasi penolakan dan penarikan terhadap jenazah pasien covid-19 di rumah sakit dan pemakaman.

“Dari semua itu untuk membangun dan memperbiki kehidupan beragama terlebih dahulu kita perbaiki di kakanwil kemenag,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Baharudin Djafar, dalam sambutannya, mengatakan, Allah menciptakan manusia dari 2 unsur, ruh dan jasad. Ruh diciptakan dari langit, makanannya dari langit yaitu iman, dan nantinya setelah meninggal ruh akan kembali ke langit. Jasad berasal dari tanah, makanan berasal dari tanah, dan nantinya akan kembali ke tanah.

“Pada saat ini kita terlalu banyak sibuk dengan jasad. Di Kanwil agama ini ada kegiatan dengan nama Siraman Rohani,” kata Kapolda.

Baca Juga  Diduga Rugikan Negara Hingga Rp 12,157 Triliun, Kejagung Tetapkan 13 Perusahaan Jadi Tersangka

Lanjut dikatakan, Kapolda, bahwa yang paling penting dalam diri manusia ini adalah iman. Iman ini harus diusahakan tidak akan datang sendiri. Keimanan ini harus sampai ke rumah dan keluarga terutama isteri (perempuan).

“Untuk memperbaiki orang lain kita harus menerapkan ketauladanan, karena dengan ketauladanan akan dimulai dari diri sendiri dan berlanjut ke orang-orang disekeliling dan terus berlanjut lebih luas. Lebih lanjut untuk memperbaiki masyarakat berawal dari kita makmurkan tempat ibadah,”ungkap Kapolda.

Terkait covid-19, lanjut Kapolda, akhir-akhir ini banyak beredar informasi yang diragukan kebenarannya (hoax), maka dalam membaca berita dan informasi kita harus membaca sampai selesai dan dicerna dengan baik. Jangan sampai kita dengan mudahnya membagikan/share berita yang belum tentu kebenarannya.

Baca Juga  Formasi Dokter Gigi dan Radiografer CPNS Halbar Tanpa Peminat

“Kita di maluku ini harusnya bisa saling rangkul dan saling bahu membahu dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahan,” ucap Kapolda.

Diakhir sambutannya, Kapolda menambahkan, Kerja sama kita tidak hanya sebatas apel ini saja, kita harapkan kedepannya kita akan selalu bekerja sama dan saling berkordinasi.

“Diharapkan setiap anggota Polri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam pemeliharaan kamtibmas, melindungi melayani dan melayani serta penegakan hukum, dapat menggunakan mata hati,” Baharudin Djafar. (keket)