Kapolda Maluku Hadiri Launching Pengawasan Pilkada 2020

oleh -31 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar menghadiri langsung Launching Pengawasan Pilkada serentak tahun 2020 yang akan di gelar di empat kabupaten di Provinsi Maluku, Selasa (7/72020).

Kegiatan yang di gelar di Swiss-Belhotel, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon ini turit dihadiri Gubernur Maluku yang di wakili Staff Staf ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Drs. M. Salerio, Mewakili Pangdam XV/Pattimura Brigjen TNI.R. Wansa, Wakajati Maluku Dr Undang Mugopal, SH, M.Hum, Ketua Bawaslu Maluku Abdulllah Elly, SH, MH dan Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Watimury

Mengawali sambutanya, Ketua Bawaslu Maluku Abdula Aly, Mengucapakan selamat datang kepada para tamu di undangan yang turut hadir pada kegiatan lonceng pengawasan tahapan pilkada serentak pada Tahun 2020 di 4 Kabupten Bursel, Aru, SBT, MBD.

Ketua DPRD Provinsi Maluku Luky Watimury, sendiri dalam sambutanya, Mengucap syukur kepada Tuhan dalam perjalanan kegiatan pilkada ini kami sangat mengharapkan peran penting dari Bawaslu serta dukungan dari berbagai pihak dalam pelaksanaan pilkada

Link Banner

“Diutamakan dalam pelaksanaan pilkada serentak ini adalah Jujur adil dan seterusnya sebagaimana sudah di atur dalam undang undang yang berlaku. Saya mengingatkan kepada Bawaslu segala hal kita bisa lakukan dalam pelaksanaan pilkada dengan segala tahapan tahapan pilkada yang kita utamakan disini adalah kita harus utamakan keselamatan anggota atau petugas pengawasan di lapangan,” ujar Luky Watimury.

Baca Juga  Kapolres Buru Tinjau Jalan Penghubung Dua Kabupaten yang Putus Akibat Banjir Disertai Longsor

Masih kata, Luky Watimury, Dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini harus punya kesadaran untuk menghadapinya terutama dalam lingkup masyarakat sekarang harus sadar mengingat sudah bertambah jumlah penderita virus COVID-19 ini.

“Saya mengingatkan bagi bawaslu dalam kegiatan pemilihan ini, Bawaslu harus batul kordinasi dengan pihak Polri mau pun TNI supaya terselenggara kegiatan ini bisa sukses dengan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Wakajati Maluku Dr Undang Mugopal, sendiri, mengapresiasi untuk kinerja Bawaslu yang akan terselenggara nanti. Tentu kita sangat mengharapakan perjalanan kegiatan pemilu ini bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya di 4 (empat) kabupaten nanti.

“Dalam keberhasilan pelaksanaan pilkada ini juga berpengaruh untuk meningkatkan nilai demokrasi Provinsi Maluku,” kata Wakajati Maluku Dr Undang Mugopal

Baca Juga  Kunjungi Kementerian DPDTT, Ini Harapan DPRD Maluku

Hal ini, Kata Wakajati Maluku Dr Undang Mugopal, bukan tanggung jawab Bawaslu saja, tetapi adalah tanggung jawab dan kesadaran serta dukungan kita bersama.

“Kami dari Kejaksaan tinggi Maluku mendukung penuh dalam kegiatan tahapan pilkada, dalam hal ini ada hal hal yang tidak di inginkan yang terjadi nanti dalam pentahapan pilkada atau laporan masyarkat setempat,” kata Wakajati Maluku Dr Undang Mugopal.

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar dalam sambutanya, mengucap syukur kepada Allah SWT. dan selaku Kapolda Maluku mengucapkan terimakasih kepada Bawaslu

“Kita atas nama institusi Polri sangat terbuka serta mengutamakan sinegritas yang tinggi dalam pelaksanaan pilkada ini, dan harapan kami semua dapat berjalan secara aman sesuai dengan apa yang kita harapkan,” jelas Kapolda.

Baca Juga  BIN gadungan akhrinya diringkus Intel Korem 151/Binaiya

Kapok Ahli Kodam XVI Pattimura Brigjen TNI. R. Wansa, mengatakan, bahwa unsur Kodam XVI Pattimura dengan apa yang sudah di sampaikan dari Kapolda Maluku serta Ketua DPRD Provinsi Maluku serta yang lainnya sangat mendukung sinegritas dalam pelaksanaan pilkada ini dari tingkat Provinsi sampai ke desa dan bisa berjalan dengan baik sampai ke tahap tahap selanjutnya.

“Ingatkan bagi para calon pemilih harus siap menerima menang atau kalah dalam pemilihan ini,” tutup Brigjen TNI. R. Wansa. (keket)