Kapolda Malut Pimpin Upacara Penutapan Pendidikan dan Pelantikan serta Pengambilan Sumpah Bintara Polri Tahun 2019

oleh -141 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Sebanyak 205 Siswa Diktuk Ba Polri akhirnya dilantik, setelah melaksanakan pendidikan pembentukan Brigadir Polri selama 7 bulan di lembaga pendidikan SPN Sofifi Polda Malut oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Drs. Rikwanto. Senin, 02/03/20

Upacara Penutupan Pendidikan dan Pelantikan serta Pengambilan Sumpah Bintara Polri T.A. 2019/2020 SPN Polda Maluku Utara ini, dipusatkan di lapangan SPN Sofifi Polda Malut dipimpin secara langsung oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs Rikwanto.

Upacara Pelantikan tersebut dihadiri oleh Gubernur Maluku Utara K.H.Abdul Gani Kasuba, L.c., Wagub Malut Ir. M. Al  yasin Ali, Wakapolda Malut Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari, Para Pejabat Utama Polda Malut, Para Kapolres Jajaran Polda Malut, Mewakili Danrem 152/Babullah Kasrem Letkol Kav Tri Sugiarta, Kepala Basarnas Malut M. Arafah, Mewakili Danlanal Ternate Pasi ops Lanal Mayor  Achmad Yani, Mewakili KA BNNP Malut/Kabag Umum Fatahillah Syukur, Mewakili Kabinda Malut Deflin Ady Prayoga, Dandim 1505 Tidore Mayor Letkol Inf. Cecep Kurniawan, Sultan Tidore Husain Alting, Walikota Tidore Capt, H Ali Ibrahim, Bupati Haltim Ir. Muhidin, Wakil Walikota Ternate Abdullah Taher, Danramil Sofifi Mayor Ibrahim Malik, Perwakilan Bea Cukai Lutfi Hadiyanto, Danton Kipan D Letda Inf. Ilham Hernanda, Sekretaris KNPI Malut M. Ardiansyah, Perwakilan Dinas PMD Malut Abdul Gani serta para tamu undangan.

Baca Juga  Terdaftar di KPU Ternate, Yamin Ada Siap Benahi Ternate

Upacara pelantikan ditandai dengan Penanggalan Tanda Pangkat siswa dan Penyamatan tanda Pangkat Efektit, Serta Pemberian Ijasa dan Pengalungan Medali Kepada Siswa Diktuk Bintara Polri T.A.2019. Dilanjutkan dengan pengambilan sumpah dan penandatanganan berita acara pelantikan sebagai anggota Polri.

Dalam sambutannya Kapolda Malut membacakan amanat Kapolri mengucapkan selamat kepada 8.867 Bintara Remaja, terdiri 8.468 Polisi laki-laki dan 399 Polisi Wanita, yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pembentukan Bintara Polri dan berhak menyandang pangkat Brigadir Dua Polisi.

Keberhasilan saudara dalam mengikuti dan menyelesaikan pendidikan, merupakan anugerah allah SWT yang harus senantiasa saudara syukuri. Ingat pula bahwa keberhasilan saudara menyelesaikan pendidikan ini, tidak terlepas dari doa dan dukungan keluarga, terutama orang tua.

Baca Juga  Tiba di Papua, Jokowi Siap Buka PON XX Besok

“Tunjukan kepada mereka bahwa saudara adalah personel polri yang berprestasi, senantiasa menjaga kehormatan diri dan institusi, serta menjadi teladan dan kebanggaan bagi masyarakat, bangsa dan negara.” Ucapa Kapolda saat membacakan amanat Kapolri.

Lanjut Kapolda, apa yang telah saudara capai pada hari ini bukanlah akhir dari perjuangan, melainkan awal pengabdian nyata sebagai insan Bhayangkara. Perjalanan saudara masih panjang, sangat banyak tantangan tugas yang akan dihadapi.

Jenderal bintang satu di Polda Malut ini juga menyampaiakan, sebagai Bintara Remaja yang merupakan salah satu elemen terdepan dalam berbagai tugas kepolisian, harus mampu menunjukan kinerja secara optimal. Persiapkan diri dengan baik, tanamkan disiplin dan tekad yang kuat, serta implementasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah saudara peroleh di lembaga pendidikan demi keberhasilan pelaksanaan tugas.

Baca Juga  Hasilkan 4 Rekomendasi, Masa Tugas Pansus Covid-19 DPRD Kota Ambon Berakhir

Dalam kesempatan tersebut Kapolda juga memberikan penekanan kepada Bintara Remaja untuk dipedomani, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada tuhan yang maha esa. Laksanakan setiap tugas yang diemban dengan penuh semangat, tanggung jawab dan keikhlasan, serta senantiasa mempedomani nilai-nilai luhur tribrata dan catur prasetya. Jangan pernah berhenti belajar dan menuntut ilmu untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan guna mendukung pelaksanaan tugas.

Senantiasa menjaga kehormatan diri, keluarga dan institusi. Hindari segala pelanggaran disiplin, kode etik profesi polri, maupun pidana. Jalin persaudaraan dan komunikasi yang baik dengan rekan-rekan TNI dan instansi terkait, serta seluruh komponen lainnya karena polri tidak dapat bekerja sendiri. (red/rtm/dhp)