Kapolda & Wakapolda Maluku Terima Kunjungan Tim KPK RI

oleh -47 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol. Drs. Baharudin Djafar secara resmi menerima kunjungan silaturahmi rombongan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Selasa (22/9/2020).

Silaturahmi dan Koordinasi persiapan teknis Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi APH di Wilayah Maluku-KPK, turut dihadiri Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes dan Dir Reskrimsus Polda Maluku.

Sementara dari KPK sendiri hadir, Adlinsyah Malik Nasution Koordinator Wilayah VII KPK, Sri Kuncoro Hadi Spesialis Koordinasi dan Supervisi Penindakan KPK, Ben Hardy Saragih Fungsional Korsup Pencegahan dan Renta Marito Fungsional Korsup Pencegahan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dalam pertemuan tersebut membahas tentang persiapan kedatangan Ketua KPK ke Maluku terkait persiapan teknis Rakor Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Wilayah Provinsi Maluku.

Link Banner

Sementara itu, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Firli Bahuri, dijadwalkan tiba di Kota Ambon, pada, Kamis, 24 September 2020.

Baca Juga  Survei Citra Research and Consulting Dapil Ambon 1 untuk DPRD Kota Ambon Moenandar diprediksi merebut kursi ke 4 DPRD Kota Ambon

Di Ambon Ketua KPK akan memfasilitasi proses penyerahan aset Pemerintah Provinsi Maluku, ke Maluku Utara. “Kamis pagi, pimpinan sudah tiba, dan langsung mulai kegiatan.

Ketua KPK dijadwalkan akan berada di Ibukota Maluku selama tiga hari. “Kemungkinan akan kembali hari Sabtu (26/9). Tapi itu kemungkinan saja, saya tidak tahu kalau ada perubahan kedepan, “ paparAdlinsyah Malik Nasution

Nasution bilang, setibanya di Kota Ambon, Ketua KPK langsung memulai kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait dengan aset-aset Pemerintah Provinsi Maluku, yang mau diserahkan ke Pemprov Maluku Utara. 

“KPK berperan agar mendorong proses percepatan penyerahan aset, agar dapat dilakukan dengan baik. Pada intinya, aset Pemprov Maluku, yang berada di  Maluku Utara, prosesnya harus diserahkan secepatnya, sebab aset ini tidak boleh dibiarkan terbengkalai, “ paparnya. 

Baca Juga  Malam Minggu, giliran Batu Gantong yang ”reseh”

Setelah selesai melakukan Rakor Aset dengan Pemprov Maluku, lanjutnya, Bahuri akan melakukan agenda selanjutnya yang dilakukan di Markas Polisi Daerah (Mapolda) Maluku. 

“Kemudian kita ke Mapolda, sebab di sana akan ada Rakor APH, bersama KPK, Kejaksaan serta kepolisian. Nah, pada Jumat pagi, beliau bersama Gubernur Maluku Murad Ismail, menghadiri Talkshow di TVRI,  siangnya kita lanjut  Talkshow di RRI Ambon, “ jelasnya.

Disinggung mengenai kedatangannya, Nasution mengaku, dirinya lebih dulu datang guna mengecek serta mengsterilkan ruangan, untuk kedatangan orang nomor satu di KPK RI. “Saya sudah cek seluruh hotel yang ada di Kota Ambon, namun untuk pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Maluku, tempat yang memenuhi syarat, hanya di Kantor Gubernur Maluku saja, “ tutupnya. (red/katim)