Kapolres Buru Ingatkan Masyarakat Potensi Cuaca Buruk di Akhir Tahun

oleh -36 views
Link Banner

Porostimur.com | Namlea: Kapolres Buru AKBP Egia Febri Kusumawiatmaja, S.IK, M.IK bersama Dandim 1506/Namlea Letkol ARH Agus Guandi S.A.P M.Tr (Han) mengungkapkan adanya potensi cuaca buruk yang bisa melanda Namlea dan sekitarnya.

Menurutnya, diakhir tahun biasanya terjadi pergantian cuaca, dimana biasanya akan terjadi cuaca buruk yang melanda di daerah seputaran Namlea, hal ini tentu saja terjadi di daerah-daerah lainnya.

Untuk mengantisipasi cuaca buruk dan bencana alam tersebut, Kapolres Buru mengatakan, dia sudah menginstruksikan ke seluruh anggota dan jajaran polsek untuk selalu patroli dan siaga dengan peralatan yang ada pada titik-titik bencana alam.

Egia Febri Kusumawiatmaja menambahkan, dalam penanganan bencana, Polisi hanya bersifat membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di masing-masing tempat.

Selain itu lanjutnya, juga membantu pemerintah sudah merupakan tugas kepolisian dalam bersama menangani persoalan bencana alam.

Baca Juga  Review Film Bumi Manusia: Pribumi Pertama yang Lawan Pengadilan Eropa

“Untuk mengantisipasi potensi-potensi bencana alam ini pihak Polres Buru juga bersama Kodim 1506/Namlea juga telah melakukan upaya pendataan kesiapan. Mulai dari jumlah kesiapan kita terkait tenaga, peralatan, kendaraan dan tentu kita mengantisipasi kejadian-kejadian yang terjadi dengan bencana alam dengan perubahan iklim yang lagi naik yang dimungkinkan akan terjadi hujan besar dan angin kencang,” jelas Kapolres.

Tentunya dalam mangantisipasi bencana alam kami telah sepakat bersama dengan seluruh perangkat instansi telah membentuk Tim Reaksi Cepat. Dan dimasing-masing instansi juga telah menyiapakan Tim Reaksi Cepat yang dikoordinir secara lansung oleh BPBD. Apabila ada bencana maka Tim Reaksi Cepat ini yang akan beraksi terjun bersama ke lapangan.

Untuk titik kerawanan bencana banjir sendiri menurut Kapolres berada pada lokasi Waeapo, paparnya.

Baca Juga  6 Tips Alami Membuat Kulit Wajah Awet Muda

Sementara untuk ombak besar dan angin kencang berada di daerah utara yaitu Air Buaya dan Fena Leisela.

Dalam kesempatan ini juga Kapolres menghimbau, kepada para nelayan agar selalu berhati-hati saat melaut mengingat cuaca dan angin kencang yang kurang bersahabat.

“Dengan cuaca yang seperti ini, saya menghimbau kepada masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan agar selalu berhati-hati saat turun kelaut,” tutup Kapolres. (ima)