oleh

Kapolres Kepulauan Sula Mediasi Konflik Tapal Batas Desa Wailau-Pastina

Link Banner

Porostimur.com|Sanana: Kapolres Kepulauan Sula (Kepsul), Ajun Komisaris Polisi (AKBP) Muhammad Irvan, S. IK memediasi penyelesaian konflik tapal batas antara Desa Pastina dan Desa Wailau, Kecamatan Sanana di Aula Mapolres Kepsul, Senin (24/2/2020)

Dalam acara mediasi tersebut, kedua desa masing masing mempertahankan batas wilayah yang menjadi objek sengketa.

Link Banner

Desa Pastina menyampaikan wilayah tersebut masih masuk dalam batas Desa Pastina, Desa Wailau bahkan menyampaikan bahwa wilayah sengketa itu adalah lokasi administrasi Desa Wailau.

Pertemuan mediasi menghadirkan para tokoh dari masing masing desa. Hi Kuaci Umagap mewakili sesepuh dari Desa Pastina, sementara Hi. Umasugi Abdul Kadir mewakili sesepuh dari masarakat Desa Wailau.

Namun tak juga mendapatkan titik penyelesaian sengketa. Bahkan kedua desa juga menginginkan agar masalah ini dibawa ke pengadilan untuk mendapatkan status hukum tetap.

Akan tetapi dengan pertimbangan persaudaraan sehingga kedua desa bersepakat untuk membuat berita acara pernyataan sikap bersama dari kedua desa.

Tokoh dan warga dari kedua desa bersepakat membuat berita acara yang ditanda tangani oleh Pihak Pertama Pejabat Kades Wailau, Syarif Umasugi serta pihak kedua Baharudin Umagap, Kepala Desa Pastina, yang di tandatangani di atas materai 6000

Berita acara tersebut turut ditanda tangani oleh sejumlah saksi, yakni: Asisten II Setda Kepulauan Sula, Arif Umasugi, Kapolres Kepsul AKBP, M. Irvan, S.IK, Kasdim/1510 Sanana, Mayor Infantri S Siswanto, Kabag Pemerintahan, Aswin Soamole, Kabasubag Bantuan Hukum, Muhayati SH, Camat Sanana, Taufik Umasugi, Kapolsek Sanana AKP Ali Idrus, Kabid Sosbud dan Ormas Kesbangpol, Irfan Syahlan, Kabid Pemerintahan Desa, Ali Umagap serta seluruh perwakilan yang hadir pada acara mediasi tersebut.

Surat Pernyataan ini dibuat oleh KBO Intel Ipda Sahlan Tubaka SH.MH dan ditanda tangani seluruh peserta. (ifo)

Link Banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed