Kapolres Malteng Ajak Warga Katolik Jaga Kamtibmas dan Taati Protokol Kesehatan

oleh -18 views
Link Banner

Porostimur.com | Masohi: Menindaklanjuti Penandatanganan Nota Kesepahaman MoU antara Polres Maluku Tengah, dan Kementrian Agama Kabupaten Maluku Tengah, terkait Penyuluh Agama Kamtibmas, Kapolres Maluku Tengah, AKBP Rositah Umasugi menyambangi Gereja Katolik St. Yohanis Penginjil Masohi Kelurahan Namaelo, Kecamatan Kota Masohi, Ahad (4/10/2020).

Kedatangan orang nomor satu Polres Maluku Tengah, dan rombongan itu disambut dengan penuh suka cita oleh para jemaat gereja tersebut.

Pastor Paroki gereja St. Yohanes Penginjil Masohi, Pius Lawe, SVD mengatakan, kehadiran Kapolres ditengah jemaat merupakan suatu kehormatan bagi warga gereja St Yohanes Penginjil.

“Kehormatan yang tiada tara bagi kami. Dan kami pula berharap pada kesempatan ini ibu Kapolres akan menyampaikan pesan-pesan terkait kamtibmas, dimohon kepada umat untuk mendengarkan arahan dari ibu Kapolres nantinya,” pinta pastor dari atas mimbar.

Link Banner

Kapolres Maluku Tengah, AKBP Rositah Umasugi mengatakan, kunjungan silaturahmi ini merupakan tindak lanjut dari Penandatanganan Nota Kesepahaman MoU antara Polres Maluku Tengah dan Kementrian Agama Kabupaten Maluku Tengah terkait Penyuluh Agama Kamtibmas

Baca Juga  Bupati Halbar Serahkan Fasilitas Angkutan Bagi Pelajar

“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan dalam rangka pembinaan keumatan. Evaluasi kasus menonjol yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Maluku Tengah, adalah penganiayaan yang sumber penyebabnya adalah pengaruh minuman keras olehnya itu saya mengajak kita semua untuk menghindari minuman keras,” papar Kapolres.

Kapolres mengajak, umat terutama jemaat digereja tersebut untuk mari kita jaga keluarga kita dari hal-hal atau tindakan yang negatif yang dapat berpengaruh buruk terhadap keluarga.

“Dalam ajaran agama anak adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa, yang harus dijaga dan dilindungi olehnya itu kita sebagai orang tua harus selalu menjaga dan mengawasi anak-anak kita agar tidak melakukan tindakan yang dapat melanggar aturan baik aturan agama maupun hukum,” kata Kapolres.

Wanita dengan dua melati dipundaknya itu mengaku, masalah Pandemi Covid-19, membuat kita semua sama-sama menjaga diri kita dan keluarga agar terhindar dari Virus Covid-19 dengan cara mengikuti Protokol Kesehatan.

“Adapun Protokol Kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam mengatasi penyebaran Covid-19 diantaranya, Memakai Masker, Mencuci Tangan dengan air yang mengalir atau menggunakan Hand Sanitizer, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, ” jelas Umasugi.

Baca Juga  Baru Menjabat, Kapolres MBD Kunjungi Tokoh Agama

Dikatakan, dalam masa Pandemi Covid-19 aktifitas pendidikan atau sistem pembelajaran masih dilaksanakan melalui sistem aplikasi online olehnya itu kita sebagai orang tua harus terus mengawasi dan mendampingi setiap perkembangan anak dalam mengakses setiap aplikasi dalam proses pembelajaran online.

“Pendidikan agama sangat penting diajarkan kepada anak-anak dan keluarga kita untuk memperkuat keyakinan mereka. Menjadi Polisi bagi diri kita dan keluarga agar terhindar dari hal-hal yang melanggar hukum,” beber mantan Kasat Lantas Polres Malteng ini.

Orang nomor satu di Polres Malteng itu turut mengajak kita semua untuk bersinergi dalam menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Maluku Tengah

Dirinya, meminta dukungan dari semua umat Katolik untuk bersama-sama membantu pihak Polres Maluku Tengah, dalam menjaga dan menciptakan situasi Kamtibmas agar tetap aman dan terkendali

“Mohon doa untuk kami dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab semoga tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Semoga Polres Maluku Tengah dapat menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan tentram di lingkungan masyarakat,” pintanya.

Baca Juga  Bantu Korban Kebakaran, Pemkot Ambon Dirikan Tenda Darurat

Ditempat yang sama, sambutan Ketua Dewan Pastoral Paroki Gereja St. Yohanes Penginjil Masohi, menegaskan, kunjungan Kapolres ini merupakan Anugerah dan Berkat dari Tuhan Yang Maha Esa.
“Selain itu juga menjadi suatu kebanggaan bagi kami atas kehadiran Ibu Kapolres Maluku Tengah. Kepada para jemaat semua apa yang dihimbau Ibu Kapolres Maluku Tengah terkait minuman keras harus ditindak lanjuti, ” kata Pastor.

Dirinya juga meminta, kepada Kapolres Maluku Tengah, apabila ada Umat Katolik yang membuat masalah agar diserahkan kepada kami pengurus Gereja Katolik St. Yohanis Penginjil Masohi untuk bisa diselesaikan secara internal dengan demikian dapat sedikit membantu meringankan tugas Polres Maluku Tengah.

“Dalam masa Pandemi Covid-19 kita semua harus tetap mematuhi Protokol Kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, ” tandasnya. (andi)