Kas Keliling 2019, BI Maluku Siapkan Rp 2,5 M

oleh -69 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Dengan menumpangi kapal milik Lantamal Ambon KRI Kerapu-812, Kantor Perwakilan  Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku menggelar kegiatan ekspedisi Kas Keliling tahun 2019, terhitung 13 hingga 19 September 2019 kemarin.

Melalui ekspedisi dimaksud, BI berhasil mengumpulkan uang lusuh dan tidak layak edar dari masyarakat pada sejumlah wilayah kepulauan di Maluku dengan total mencapai Rp 226 juta.

Dalam ekspedisi tersebut, tim ekspedisi berhasil mengumpulkan uang tidak layak edar sebanyak Rp. 226 juta, yang ditukar dari masyarakat pada sejumlah pulau di Maluku.

Saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Kamis (19/9), hal ini dibenarkan Koordinator Tim Ekspedisi Kas Keliling BI, Teguh Triyono.

”Rp.226 juta itu dikumpul dari lima pulau yang ada di Maluku, dengan rincian Pulau Kayeli sebanyak Rp. 40 juta, Pulau Ambalau Rp. 40 juta, Leksula Rp. 90 juta, Kepala Madang Rp. 30 juta dan juga Pulau Buano Utara Rp. 26 juta,” ujarnya.

Baca Juga  Wakili Alumni Akpol Angkatan 99 / Endra Dharmalaksana, Kapolres Halsel Serahkan 20 Paket Pembersih Lantai Di 4 Masjid

Meskipun sudah menyiapkan dana sebesar Rp 2 milyar, jelasnya, namun saat pelaksanaan Kas Keliling jilid I 2019, hanya Rp. 226 juta yang tertukarkan pada masyarakat kepulauan.

Padahal khusus untuk Kas Keliling 2019 ini, terangnya, pihaknya sudah menyiapkan stok uang untuk ditukarkan sebesar Rp 2,5 milyar.

Jumlah itu, tambahnya, jauh lebih sedikit jika dibandingkan jumlah yang disediakan pada kegiatan yang sama tahun sebelumnya yakni Rp 5 milyar.

”Uang yang disiapkan kali ini lebih rendah dari sebelumnya, karena memang yang menjadi pertimbangan adalah jumlah titik yang disinggahi. Dimana pada 2018 itu 8 sampai 10 pulau yang kami singgahi, sedangkan kali ini hanya 5 pulau saja,” singkatnya. (keket)