Kas Keliling I 2019, BI Selipkan Kegiatan Bantuan Pendidikan dan Sosial

oleh -68 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Ekspedisi Kas Keliling jilid I tahun 2019 yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, bertujuan untuk menukar uang lusuh tak layak edar, melakukan sosialisasi ciri keaslian uang rupiah yang dimiliki warga di wilayah pulau-pulau terluar, terdepan dan tertinggal (3T), serta pengobatan gratis.

Dimana, penukaran uang lusuh bertujuan agar masyarakat di wilayah 3T dapat juga merasakan atau melihat uang baru NKRI yang baru diterbitkan oleh pemerintah.

Dalam kegiatan kali ini, Bank Indonesia menyinggahi beberapa pulau 3T di wilayah Maluku dalam trayek Ambon-Buru-Taliabu-Manipa-Buano-Ambon dengan menumpangi kapal milik Lantamal Ambon KRI Kerapu-812, sejak tanggal 13-18 September kemarin.

Hal ini dibenarkan Ketua Tim Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Teguh Triyono, saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Kamis (19/9).

Selama 8 hari ekspedisi bergulir, akunya, pihaknya melakukan penukaran uang dan sosialisasi dibarengi pemberian bantuan dan pengobatan gratis pada sejumlah pulau dengan jumlah dana yang berbeda-beda.

Baca Juga  Kapolres Malteng Lantik Ipda Berhitu Jadi Kapolsek Telutih

”Untuk Ekspedisi Kas Keliling kali ini tim kami tukarkan uang lusuh saat menyinggahi sejumlah pulau 3T dengan totol Rp 226 juta,” ujarnya.

Kesempatan yang sama, Ketua rombongan ekspedisi BI, Ali Hasan, menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan berlangsung sejak pukul 9 pagi hingga 3 sore itu, mendaatkan atensi dan animo yang signifikan dari masyarakat setempat.

”Dalam kunjungan itu ada banyak desa kelihatan masih tetinggal dan kondisi masyarakat setempat kebanyakan yang kami hadapi masalah kesehatan karena kurang memadai begitu juga dengan ketersediaan obat yang begitu mahal. Pulau Buano yang kami singgahi keadaan masyarakat di sana sangat memprihantinkan. Selain pengobatan gratis, ada juga bantuan sarana ibadah dan pendidikan, terutama bantuan buku peralatan ibadah,” pungkasnya. (keket)