Kasus Dugaan Korupsi Dana PAUD 2016 Masuk Dalam Tahap P-21

oleh -64 views
Link Banner

@porostimur.com | Bitung: Kasus dugaan Tindak Pidana Kasus Korupsi dana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 2016, melibatkan salah satu pejabat aktif di Pemerintahan Kota Bitung, masuk dalam tahap P-21.

Hal ini dibenarkan Kepala Kejaksaan Negeri Bitung melalui Kepala Seksi Intel (Kasi intel), Budi Cristiarso SH ketika ditemui Porostimur.com, diruang tunggu Kantor Kejaksaan Negeri Bitung, Rabu 31/7/2019.

Link Banner

Berkas perkara tindak pidana korupsi dana PAUD telah P-21, tinggal menunggu tahap dua yakni pelimpahan tersangka dan barang bukti dari Tipidkor Polres Bitung ke Kejaksaan Negeri Bitung, dalam waktu dekat ini.

Tersangka kasus dana PAUD ada tiga orang yakni, BP alias Ber, FT alias Fer dan MK alias Maks. Dari ke tiga tersangka tersebut, mungkin hanya Fer dan Maks diserahkan, sedangkan Ber sampai saat ini masih berstatus buronan.

Baca Juga  Buntut Ketum PG, Tinggapy Akui Keretakan Dengan Umasugi

Ditanya apakah para tersangka nantinya akan ditahan, Budi hanya menjawab semua tergantung kajian Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) karena jarang kasus korupsi tersangkanya tidak ditahan karena ada pertimbangan lain.

Kasus ini sampai terungkap dipermukaan dari hasil penyelidikan anggota Polres Bitung yang menemukan anggaran dana PAUD Tahun 2016 sebesar 1,2 miliar ada pemotongan, sehingga menimbulkan kerugian negara mencapai 575 juta.

Dari temuan ini, Tipidkor Polres Bitung langsung menetapkan Ber, Fer dan MK sebagai tersangka dan dijerat dengan Pasal 2 Ayat 1 dan Pasal 3 tentang undang-undang pemberantasan tindak pidana korupsi, tungkas Budi. (Dan)