Kata Songong Trending Topic di X usai Gibran Beri Gestus Cari-cari Jawaban Mahfud MD

oleh -125 views

Porostimur.com, Jakarta – Keyword ‘songong’ trending topic di media sosial X, Minggu (21/1/2024). Trending topic terjadi usai Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengeluarkan gestur mencari-cari jawaban Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD.

Sebagian besar netizen geram melihat tingkah Gibran. Mereka menggaungkan kata ‘Songong’ atas perilaku Gibran tersebut.

Salah satu warga X menyebut tindakan itu seharusnya tidak dilakukan Gibran karena terkesan merendahkan Mahfud. 

“Sikap Songong dari El Sulfat ini sangat tidak ETIS dan sangat terlihat merendahkan. Sbnrnya cukup ngomong saja kalau pertanyaannya blm terjawab tp malah clingak clinguk terlihat SOMBONG dan TAK BER-ETIKA,” tulis akun X @BangPino__.

Bahkan komedian Ernest Prakasa ikut menuliskan kata songong dalam cuitannya di akun pribadinya @ernestprakasa.

Baca Juga  9 Outfit Kemeja Hitam Polos yang Elegan untuk Perempuan

“Songong bat lu cil, emang negara punya bapak lu?!,” tulis Ernest.

Kata songong trending topic di X usai gibran celangak-celinguk ke Mahfud MD. (Foto: X)
Kata songong trending topic di X usai gibran beri gertus cari-cari jawaban Mahfud MD. (Foto: X)

Diketahui, momen itu terjadi kala Gibran merasa Mahfud tak menjawab pertanyaan terkait greenflation atau inflasi hijau dalam segmen keempat debat keempat Pilpres 2024. Saat itu, Gibran membungkukkan kepala seperti mencari sesuatu.

“Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud bisa nyari-nyari di mana ini jawabannya, kok enggak ketemu jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau,” kata Gibran.

Kepada Mahfud, Gibran mencontohkan inflasi hijau seperti gerakan rompi kuning di Perancis. Menurutnya, gerakan itu bahaya lantaran sudah memakan korban.

“Ini harus kita antisipasi jangan sampai terjadi di Indonesia, kita belajar dari negara maju, negara maju aja masih ada tantangan-tantangannya. Intinya transisi menuju energi itu harus super hati-hati jangan sampai malah membebankan RnD yang mahal proses transisi yang mahal ini kepada masyarakat, pada rakyat kecil itu maksud saya inflasi hijau Prof Mahfud,” ucapnya.

Baca Juga  KPK: Penyuap Gubernur Malut akan Diadili di Ternate

Merespons itu, Mahfud pun juga menyinggung pertanyaan Gibran. Menurutnya, pertanyaan Gibran ngawur dan mengarang.

“Saya juga ingin mencari itu jawabannya, ngawur juga itu, ngarang-ngarang ndak karuan mengkaitkan dengan sesuatu yang tidak ada, gitu ya,” tutur Mahfud.

Mahfud merasa, pertanyaan Gibran receh. Oleh karena itu, Mahfud memilih tidak menjawab pertanyaan tersebut.

“Begini lho, kalau akademis itu kalau bertanya yang kayak gitu-gitu tuh recehan, gitu, recehan recehan. Oleh sebab itu itu tidak layak dijawab menurut saya,” kata Mahfud.

“Dan oleh sebab itu saya kembalikan saya juga moderator ini tidak layak dijawab, pertanyaan kayak gini ndak ada di jawabannya,” ujarnya. (red)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.