Kawal Sertifikasi Guru, Kasi PAI Kemenag Malut Turun ke Morotai

oleh -59 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Sebagai upaya penguatan kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara dalam hal ini Seksi Pendidikan Agama Islam melaksanakan sosialisasi Diklat Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kabupaten Moratai pada hari Senin, (24/02/2020).

Dihubungi via seluler Kepala Seksi PAI, H. Abdurrahman Assagaf setelah sosialisasi mengatakan tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah memberi pelayanan kepada Guru PAI dalam hal pengembangan kompetensi profesinya, dengan harapan Guru PAI memenuhi standar kompetensi dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.

Menurutnya ada prasyarat yang harus dipenuhi oleh seorang guru sebelum mendapatkan Diklat PPG yakni verifikasi dan validasi dokumen Guru dan ketika tahap verifikasi telah terpenuhi maka guru yang bersangkutan dapat melanjutkan ke tahap Diklat PPG untuk mendapatkan sertifikat.

Baca Juga  DPW NasDem Malut Usul Nama Ismail Kharie ke DPP

Namun demikian lanjut Kasi PAI, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama mempunyai anggaran yang terbatas dalam mengadakan Diklat PPG mengingat begitu banyaknya jumlah Guru PAI di Indonesia, “Jika dihitung secara matematis, perbandingan kemampuan pemerintah mengadakan Diklat PPG dengan jumlah Guru PAI, maka perlu 15 Tahun untuk menyelesaikan sertifikasi Guru PAI di Indonesia”, jelas Abdurrahman.

Oleh sebab itu lanjut Kasi PAI, Pemerintah melalui Kementerian Agama telah membuat regulasi yang mengatur agar guru dapat membiayai sendiri pelaksanaan sertifikasinya, “Ini demi percepatan mutu pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam, dengan adanya regulasi tersebut kami mencoba bekerjasama dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan untuk berupaya memberi dukungan berupa bantuan kepada Guru PAI kearah tersebut”, lanjutnya.

Baca Juga  BADKO HMI Gelar Dialog Publik Dan Launching Gerakan Jempol Pintar

Lebih lanjut Abdurrahman menjelaskan setelah pertemuan sosialisasi dengan guru PAI, dirinya akan mengadakan pertemuan dengan Kepala Diknas dan Kebudayaan Kabupaten Pulau Morotai untuk membicarakan kerjasama dalam bentuk dukungan seperti yang telah dijelaskan diatas pada esok hari, Selasa (25/02/2020).

Terakhir Kasi PAI menerangkan bahwa dirinya akan melakukan hal serupa yakni sosialisasi Diklat PPG tahun 2020 ke 4 Kabupaten/Kota dimana Guru PAInya masuk dalam daftar Diklat PPG diantaranya Kab. Halmahera Timur, Kab. Kepulauan Sula, Kab. Halmahera Tengah serta Kota Ternate.

Untuk diketahui untuk tahun 2020 terdapat 15 orang guru PAI Kabupaten Morotai yang telah lulus verval dokumen dan dapat diikut sertakan Diklat PPG. Guru PAI tersebut berjenjang dari SD, SMP maupun SMA. Pada kesempatan tersebut Kasi PAI didampingi oleh Operator Data PAI, Muamar Djatar. (adhy/inmas)