Kebakaran Landa Pemukiman di Kota Ambon. Dua Orang Tewas

oleh -84 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk di dekat kawasan Asrama Batu Merah RT 002/ RW 02, Kelurahan Amantelu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Sabtu (14/9/2019) pagi.

Dalam peristiwa ini, dua warga tewas di tempat akibat terjebak di dalam rumah.

Nilam Sanurji (74), dan cucunya Sari (21) tewas terbakar dalam insiden kebakaran di kawasan dekat Asrama Militer TNI AD di Batu Merah Dalam itu.

Kedua korban tewas setelah terjebak di dalam rumah mereka yang dilalap api saat kebakaran terjadi sekitar pukul 07.00 WIT.

Jenazah kedua korban ditemukan saat petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di puing-puing bekas kebakaran di rumah korban.

Baca Juga  Korem Gandeng BKSDA Laksanakan Pemeriksaan Pra Embarkasi Purna Satgas Yonarmed 8/105 Tarik/uddhata Yudha

Faisal, warga RT 002, menyebutkan awalnya asal mengepul dari salah satu rumah disertai kobaran api. Kemudian membesar dan menjalar ke rumah lain yang berdekatan. “Api menjalar begitu cepat dari rumah satu ke rumah lainnya,” ujar Faisal di lokasi kebakaran.

Menurut Faisal, sebelum mobil pemadam datang, warga setempat mencoba bahu membahu memadamkan kobaran api dengan alat seadanya, namun  api terus membesar. Warga khawatir api akan merembet ke rumah lain selain empat rumah tersebut.

Jenazah kedua korban ditemukan saat petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di puing-puing bekas kebakaran di rumah korban.

“Dua jenazah kami temukan di puing rumah yang terbakar,” kata seorang petugas pemadam kebakaran kepada Kompas.com di lokasi kejadian.

Baca Juga  Buka Sosialisasi UBKD, Kakanwil Kemenag Malut: Ujian Madrasah Merupakan Capaian Stándar Kompetensi Peserta Didik

Seorang warga setempat, Efendi, yang juga kerabat dan tetangga kedua korban memastikan bahwa kedua korban yang tewas merupakan nenek dan cucunya.

petugas sempat kewalahan karena kawasan yang sempit disertai angin kencang sehingga api makin membesar.

Sumber:Facebook Lynda Holle

Meski begitu, api berhasil dipadamkan oleh petugas pemdam kebakaran hingga tak menjalar ke rumah lainnya. Akibat kejadian ini mengakibatkan empat rumah warga hangus terbakar, dan kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kebakaran itu juga menyebabkan empat rumah warga terbakar.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran itu. Namun sejumlah warga yang ditemui kompas.com menduga kebakaran terjadi karena arus pendek listrik.

Lokasi kebakaran hanya sekitar lima meter dari perumahan tentara yang ada di kawasan tersebut.

Baca Juga  "Binatang Jalang" Film Puisi Pertama di Tanah Air

Saat kebakaran terjadi, selain petugas pemadam kebakaran, warga dan aparat TNI ikut membantu memadamkan api agar tidak merembet ke rumah-rumah warga lainnya. (lia)