Kecewa Dengan Sikap Plt. Kades, Warga Akelamo Palang Kantor Desa & Bongkar Posko Covid-19

oleh -77 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Warga masyarakat bersama Tim Satgus Covid-19 Desa Akelamo, Kecamatan Sahu Timur, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), memalang pintu Kantor Desa dan membongkar Posko Covid-19 di desa tersebut, Jumat (29/5/2020)

Aksi palang kantor dan pembongkaran ini disebabkan karena kekecewaan warga dan tim Covid-19 terhadap Plt. Kepala Desa Desa Akelamo, Sius Lenge yang diduga tidak transparansi terkait anggaran penanganan Covid-19 maupun penetapan perubahan APBDes Dana Desa(DD) 2020.

Sam Radjabaycolle salah satu warga saat dikonfirmasi wartawan menyampaikan bahwa selama pandemi hingga tim  terbentuk sampai saat ini tidak ada transparansi terkait anggaran penanganan Covid-19.

“Tidak ada transparansi dari Pemdes terkait anggaran penanganan Covid-19 dari DD, sehingga Tim Covid-19 desa dan warga memalang pintu kantor desa dan membongkar Posko Covid,” ungkapnya.

Link Banner

Sam menambahkan bahwa, kekesalan warga juga terjadi disebabkan karena APBDes perubahan 2020 yang dilakukan hanya sepihak oleh Kades Desa Akelamo.

Baca Juga  Polda Maluku Utara Amankan Seribu Botol Cap Tikus Asal Manado

“Penetapan perubahan  APBDes diketahui tidak melibatkan BPD setempat, padahal kita mengetahui bahwa BPD di desa fungsinya  sebagai perwakilan masyarakat,” ujarnya.

“Kenapa tiba-tiba APBDes perubahan so jadi dan suda di tandatangani oleh Plt. Kades dan itu tanpa sepengetahuan BPD,” cetusnya.

Ia berharap kepada pemerintah Daerah yakni Camat di wilayah tersebut agar mengevaluasi kebijakan kades yang sepihak.

“Jika kelakuan pemdes suda melampawi aturan, maka pemerintah kecamatan maupun kabupaten harus lebi tegas terkait perlakuan Plt. Kades melanggar aturan ini,” pungkas Sam.

Terpisah Ketua BPD Desa Akelamo Roni Nanulaeta membenarkan bahwa tuntutan itu disebabkan persoalan keresahan warga atas perlakuan PLT Kades sehingga warga melakukan tindakan tersebut.

Baca Juga  DPD LSM LIRA Resmi Polisikan Kades Loleo Jaya

“Apa yang disampaikan masyarakat desa, BPD selalu mendukung karena berdasarkan UU No:6 Tahun 2014 yang menerangkan bahwa BPD menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat,” jelasnya.

Plt. Kades Desa Akelamo, Sius Lenge saat dikonfirmasi wartawan porostimur.com via telepon seluler belum ada tanggapan hingga berita ini ditayangkan. (ash)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *