Kejari Kepulauan Sula Respon Aduan Warga Desa Wainib

oleh -1 views
Link Banner

Porostimur.com, Sanana – Kejaksaan Negeri Kepulauan Sula, Maluku Utara rupanya merespon aduan dugaan korupsi Kepala Desa Wainib, Kecamatan Sula Besi Selatan Arman Duwila oleh warganya belum lama ini.

Kejari Kepulauan Sula melalui surat, Nomor: B-402/Q.2.14/Dsb.4/09/2022, yang tembusannya ditujukan Kepada Kepala Bagian Pemerintahan serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabur Kepulauan Sula, Jumat (23/9/2022).

Isi surat itu menyebutkan aksi serta adanya laporan pengaduan dari front bersama dua OKP Cipayung plus dan masyarakat menggugat di Kejaksaan Negeri Kepulauan Sula pada Kamis 15 September 2020 lalu.

Kejari dalam surat tersebut menerangkan bahwa permasalahan kebijakan kepala desa terkait dengan adanya pemberhentian dan pengangkatan aparat desa yang tidak sesuai Permendagri Nomor 83 tahun 2015 sebagaimana telah diubah dalam Permendagri Nomor 67 tahun 2017.

Karena berdasarkan laporan yang ada pasca terbitnya SK pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa tersebut terdapat dugaan yang terus terjadi, seperti adanya indikasi insentif yang dikurangi tidak melalui musyawarah Insentif guru mengaji tidak diberikan selama dua triwulan.

Baca Juga  Polres Situbondo Tangani Kiyai Makrifat Palsu yang Perbolehkan Hubungan Badan dan Merokok Saat Puasa

Selai itu Kepala Desa Wainib tidak membayar tunjangan atau gaji aparat Desa Wainib yang dipimpinnya serta menerbitkan SK pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa sehingga terindikasi melanggar Permendagri Nomor 83 tahun 2015 tentang Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa.

Kemudian Kepala Desa Wainib tidak transparan dalam pengelolaan DD dan ADD serta penerimaan manfaat bantuan langsung tunai (BLT) dari tahun 2021 tanpa adanya musyawarah bersama BPD setempat.

“Lampiran surat itu sudah kami kirimkan ke masing-masing instansi terkait,” kata Meiza Reinaldo, staf kasi intel Kejari Kepsul. (Jems)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.