Kejati Malut Berhasil Tangkap Son Karyosi, Terpidana Kasus UEP yang 8 Tahun Buron

oleh -36 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Tim Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara (Malut), berhasil menahan Son Karyosi yang lebih kurang selama 8 tahun ini di cari.

Karyosi masuki Daftar Pencarian Orang (DPO) terkait kasus tindak pidana korupsi Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Penanggulangan Bencana dan Kerusuhan pada Dinas Sosial Provinsi Malut Tahun Anggaran 2007.

“Iya kami (Tim Kejati Malut) yang dipimpin Asitel dan Aspidsus, pukul 12.30 Wit tiba dengan pesawat Batik Air telah membawa pulang DPO Son Karyosi untuk di tahan di Rutan kelas II B Ternate, usai Son di tangkap Tim Kejagung RI di Jakarta beberapa hari kemarin,”kata Kasi Penkum Kejati Malut Richard Sinaga, mengutip Poskomalut.com, Sabtu (29/8/2020).

Baca Juga  Polisi Ringkus Satu Pelaku Penganiaya Warga Rohua

Menurutnya, Son ditetapkan sebagai buronan dan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Kejaksaan sejak Tahun 2013 setelah diputus bersalah oleh Mahkamah Agung (MA) melalui Putusan Tingkat Kasasi, Nomor: 199 K/Pid.Sus/2011.

Link Banner

“Dalam putusan Kasasi, Son divonis bersalah dengan hukuman 4 tahun penjara dan denda Rp 50 juta, 3 bulan,” ujarnya.

Sinaga bilang, penangkapan Son Karyosi ini sesuai dengan putusan MA.

“Terpidana tindak pidana khusus korupsi pada UEP nelayan dan penanggulangan bencana yang merugikan keuangan negara senilai Rp 1.324.087.148,” pungkasnya. (red/pm)