Kelaparan Menyebar ke Seluruh Gaza, Banyak Anak Meninggal Kekurangan Gizi

oleh -34 views
Tenda bantuan PMI untuk warga Gaza. (Dok/Dok)

Porostimur.com, Jenewa – Badan HAM PBB, pada Selasa (9/7/2024) melaporkan, kelaparan telah menyebar ke seluruh Gaza. Banyak anak-anak Palestina yang meninggal akibat kekurangan gizi.

Otoritas kesehatan Gaza mengatakan, sedikitnya 33 anak meninggal karena kekurangan gizi. Kebanyakan berasal dari wilayah Gaza utara yang tengah menghadapi beban terberat dari operasi militer Israel.

Sejak awal Mei 2024, perang telah menyebar ke Gaza selatan, menghambat aliran bantuan ke daerah itu di tengah pembatasan oleh Israel.

Dalam pernyataan hari Selasa, kelompok yang terdiri dari 11 pakar hak asasi manusia mengutip kematian tiga anak berusia 13 tahun, 9 tahun dan enam bulan akibat kekurangan gizi di wilayah selatan Khan Younis dan wilayah tengah Deir Al-Balah sejak akhir Mei.

Baca Juga  Sederet Fakta Terkait Proses Perceraian Sarwendah dan Ruben Onsu

“Dengan meninggalnya anak-anak ini akibat kelaparan meskipun telah mendapatkan perawatan medis di Gaza bagian tengah, tidak diragukan lagi bahwa kelaparan telah menyebar dari Gaza utara ke Gaza bagian tengah dan selatan,” kata para ahli.

Pernyataan mereka, yang ditandatangani oleh para ahli termasuk pelapor khusus tentang hak atas pangan, Michael Fakhri mengutuk operasi Israel yang sengaja membuat rakyat Palestina kelaparan.

Misi diplomatik Israel di Jenewa mengatakan pernyataan tersebut merupakan misinformasi.”Israel terus meningkatkan koordinasi dan bantuannya dalam pengiriman bantuan kemanusiaan di Jalur Gaza, baru-baru ini menyambungkan saluran listriknya ke pabrik desalinasi air Gaza,” tambahnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.