Kembali ke Persib, Zulham Zamrun Diproyeksikan Jadi Striker

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com | Bandung: Zulham Zamrun tidak diproyeksikan bersaing di sisi sayap di Liga 1 2020. Pelatih Robert Alberts yang sudah mengenal kemampuannya akan menempatkannya sebagai penyerang.

“Saat Zulham Zamrun sudah meminta untuk pergi (dari PSM) dan kami juga dalam kondisi hanya mempunyai tiga striker. Kami mencari penyerang lain dan dia yang tersedia. Kami berbicara dengan Zulham Zamrun dan dia opsi yang bagus. Dia sudah mengenal Bandung dan pernah merasakan kesuksesan di sini. Dia lapar untuk meraih kesuksesan lagi,” ucap Robert Alberts, Selasa (4/2/2020).

Pelatih asal Belanda itu mengakui, Zulham Zamrun memang berposisi asli sayap. Tetapi, dia memiliki kemampuan lain yaitu mencetak gol.

“Dia juga striker. Kami sudah punya banyak winger saat ini dan Zulham Zamrun juga bisa bermain di posisi striker. Dia melakukan itu bersama saya di (PSM) Makassar dan dia juga bermain dengan bagus,” kata Robert Alberts.

Link Banner

Robert Alberts mengakui memang membutuhkan pemain berkarakter seperti Zulham Zamrun. Dan, ini bukan hanya akan menjadi reuni kecil karena ada target yang diusung keduanya di musim baru nanti.

Baca Juga  Penyanyi dan Label Minta Maaf Terkait Lagu 'Corona'

“Saya juga sudah tahu Zulham Zamrun. Dia mempunyai kualitas, jadi kami sekarang sudah lengkap dalam hal striker pelapis,” ujar Robert Alberts.

Senang bisa reuni

Zulham Zamrun di GBLA, Selasa (4/2/2020)
Zulham Zamrun di GBLA, Selasa (4/2/2020) (Tribunjabar/Ferdyan Adhy Nugraha)

Setiap menjelang musim baru, pemain datang dan pergi dari satu tim jamak terjadi. Biasanya, target, strategi, dan selera pelatih menjadi faktor paling dominan perubahan susunan pemain.

Hal yang sama terjadi di Persib Bandung. Pelatih Robert Alberts yang akan menjalani musim keduanya sudah membuat beberapa keputusan penting yang kemudian didukung manajemen.

Langkah Persib Bandung memang terkesan lamban. Baru empat pemain baru yang diumumkan sebagai rekrutan baru.

Tetapi, tak semuanya benar-benar baru. Mereka adalah Victor Igbonefo, Beni Oktovianto, Teja Paku Alam, dan Zulham Zamrun.

Bobotoh tentu sudah tak asing dengan dua dari empat pemain itu. Ya, Igbonefo dan Zulham bukan pertama kali menjadi bagian Persib Bandung.

Igbonefo menjadi bagian tim di Liga 1 2018. Ketika itu, Persib Bandung yang ditangani Mario Gomez finis di posisi empat klasemen akhir.

Untuk Zulham, menjadi bagian Persib Bandung ketika bertarung di Piala Presiden 2015 dan ISC A 2016. Di Piala Presiden 2015, Zulham merasakan gelar.

Baca Juga  Potret Pilu Mutia Ayu Gendong Bayi Gewa di Depan Peti Jenazah Glenn Fredly

Bahkan, dia juga berstatus pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak. Dia membukukan enam gol dari tujuh pertandingan.

Tetapi, pemain yang kini berusia 31 tahun itu tak masuk dalam rencana Djadjang Nurdjaman, pelatih Persib Bandung di Liga 1 2017.

Dia dilepas. Dalam kata pamitnya di akkun Instagram pribadi ketika itu, dia menulis, “Keinginan untuk tetap bersama Persib Bandung sangat besar tapi keputusan manajemen lain. Semoga ke depannya bisa bersama‑sama lagi. Amin, hatur nuhun Persib Bandung dan bobotoh,” tulisnya.

Doa itu terkabul menjelang Liga 1 2020. Dia diumumkan sebagai pemain baru keempat, kemarin pagi.

Bukan cuma itu, pemain PSM Makassar dalam tiga musim terakhir itu langsung terlihat dalam sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, kemarin.

“Alhamdulillah akhirnya saya bisa kembali lagi ke Persib Bandung. Ini karena saya juga pernah bersama Robert Alberts,” ujar Zulham selepas latihan.

Dia memang berkolaborasi dengan Robert di PSM dalam dua musim.

Baca Juga  Diterjang ombak, KMP Bandeng tenggelam

Selain itu, dia juga berterima kasih kepada para pemain Persib Bandung yang sudah menerimanya kembali.

Untuk itu, ia berjanji untuk memberikan permainan terbaik bagi Persib Bandung agar bisa memberikan prestasi terbaik.

Proses perpindahannya ke Persib Bandung tidak berlangsung lama. Semuanya berjalan dalam waktu seminggu.

Pemain asal Ternate, Maluku Utara, ini juga merasa rindu dengan Persib Bandung dan bobotoh sehingga akhirnya kembali ke Bandung.

“Terus mungkin saya masih ingin mendapat gelar lagi dan itu insya Allah di tahun ini mudah‑mudahan dikabulkan ketika bersama Persib Bandung,” katanya.

Hadirnya Zulham menambah sesak jumlah pemain di posisi sayap. Sebelumnya sudah ada nama Esteban Vizcarra, Frets Listanto Butuan, Febri Hariyadi, Erwin Ramdani, dan Ghozali Siregar.

Zulham menyadari harus bersaing untuk mendapat tempat di sana. “Kalau di dalam sepak bola atau dalam satu grup, persaingan tentu sudah pasti ada, otomatis,” ujar Zulham.

Dia justru memuji kualitas rekan-rekannya. “Saya hanya ingin berikan yang terbaik, kerja keras, dan saya tunggu kesempatan itu datang,” katanya (red/rtm/bs)