Kembangkan potensi pesepakbola, pembinaan harus berjenjang

oleh -49 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Salah satu upaya untuk menyadarkan seluruh pihak tentang pentingnya potensi olahraga di Maluku adalah dengan menggelar even atau ajang kompetisi tahunan, seperti Piala Soeratin U13 dan U15 Piala Kapolda Maluku.

Dengan terselenggaranya even seperti ini, semua pihak diharapkan dapat melihat serta membantu mengembangkan olahraga sepakbola di Maluku.

Hal ini ditegaskan kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku, Irjen Pol Drs. Royke Lumowa,MM, usai membuka kompetisi dimaksud, di Stadion Matawaru, Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (25/11), pukul 15.00 Wit.

”Ini adalah investasi. Investasi ini bukan berupa uang saja, tapi tenaga manusia juga adalah bagian dari investasi. Paling tidak membangkitkan semangat olahraga, semangat pariwisata,” ujarnya.

Link Banner

Maluku sendiri, akunya, dikenal sebagai daerah dengan potensi atlit berbagai cabang olahraga yang mumpuni.

Baca Juga  Jakarta PSBB Lagi, JMSI Tunda Pelantikan Pengurus Pusat

Karena itu even yang diselenggarakan ini, harapnya, bisa membuat masyarakat melihat Maluku sebagai daerah memiliki potensi olahraga yang sangat luar biasa.

Dimana, potensi dimaksud harus terus dipupuk secara berjenjang.

Pembinaan potensi atlit maupun olahraga ini, jelasnya, dimaksudkan agar tidak mengalami jalan buntu.

Tepatnya, pembinaan berjenjang dimulai dari usia dini, kemudian remaja sampai dewasa.

”Agar anak-anak di usia 13 ini bisa semangat. Atau mungkin nanti rencana kita mau bikin usia 8 dan 9 tahun. Harapannya, di usia 13 ada lapangan, ada ajang, ada arena, begitu juga usia 15 sampai 23 ada hal yang sama,” jelasnya.

Tidak dipungkirinya even yang digelar ini juga bertujuan menjadi wadah penyejuk di tengah panas dan tingginya tensi menjelang Pileg dan Pilpres 2019 nanti.

Baca Juga  Gelar Webinar, LSF dan JMSI Tekankan Pentingnya Sensor Mandiri

”Namanya pemilu, politik pasti tinggi. Kita harus membuat kegiatan-kegiatan penyeimbang yang bersifat sosial, olahraga, sehingga semuanya tidak harus lari ke politik saja,” pungkasnya. (indah)