Kemenag Maluku Akan Pantau Hilal dari Wakasihu

oleh -65 views
Link Banner

Poroatimur.com | Ambon: Guna memastikan awal bulan Ramadhan 1442 Hijriah /2021 Masehi, Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku akan menggelar pemantauan hilal di Desa Wakasihu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (12/4/2021) soresore nanti.

Pantauan hilal merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menentukan awal bulan Ramadhan yang akan diputuskan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam sidang isbat.

Kepala Kanwil Kemenag Maluku, Jamaludin Bugis mengatakan pemantauan hilal di Wakasihu akan dilakukan pada pukul 18.30 WIT.

Jamaludin bilang, pemantauan hilal di Wakasihu akan dilakukan bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon.

“Sebentar kita dengan BMKG memantau hilal di Desa Wakasihu, pemantauan mulau dilakukan Pukul 18.30 WIT,” kata Jamaludin kepada wartawan, Senin.

Baca Juga  Kodim 1507/Saumlaki gelar apel Danramil-Babinsa

Selain BMKG, sejumlah instansi terkait lainnya seperti Pengadilan Agama, Ormas Islam dan tim Rukyatul Hilal dari IAIN Ambon juga ikut dilibatkan.

“Untuk tahun ini tim Rukyatul Hilal dari IAIN Ambon juga ikut memantau hilal,” ujarnya.

Jamaludin mengimbau umat Islam di Maluku, agar dapat memanfaatkan bulan suci Ramadhan untuk lebih meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT.

Ia juga mengingatkan umat islam di Maluku agar tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kepada segenap umat islam.di Maluku mari kita tingkatkan amal ibadah di bulan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan ini, dan mari tetap menjaga protokol kesehatan,” ajaknya.

(red)

No More Posts Available.

No more pages to load.