Kemenag Maluku Buka Seleksi Petugas Haji Tahun 2020

Porostimur.com | Ambon: Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, mulai membuka proses pengrekrutan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji   (PPIH) Kloter dan PPIH Arab Saudi tahun 1441 H / 2020 M.

Rangkaian rekrutmen diketahui setelah pihak Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, mengikuti rapat teknis dan orientasi petugas siskohat tahun 2020 .  Proses seleksi PPIH di Maluku ini, akan dilakukan secara bertahap.

Demikian, disampaikan Kepala Bidang Penyeleggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilaya Kementerian Agama, Provinsi Maluku, H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I,  Kamis (22/01/2020).

Menurutnya, proses rekrutman dibagi dalam beberapa tahapan seleksi, mulai dari seleksi admisntrasi dan seleksi wawancara yang akan dilakukan di tingkat kabupaten kota maupun tingkat provinsi.

Hasil dari seleksi di tingkat kabupaten kota akan di lanjutkan pada tingkat Provinsi Maluku, peserta yang berhasil melalui seleksi di tingkat provinsi akan dipercayakan untuk menjadi patugas haji Provinsi Maluku.

“Jadi seluruh kabupaten kota di Maluku melalui kantor kementerian agama di masing-masing wilayah akan membuka seleksi PPHI yang dilalui sesuai tahapan, ” tutur Yamin.

Dijelaskan, ada beberapa komponen atau jenis tugas, untuk PPIH Kloter meliputi pembimbing ibadah, ketua kloter. Sementara untuk tim kesehatan yang proses seleksinya akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan.

“Kementerian Agama akan melakukan seleksi pembimbing ibadah, dan ketua kloter  dan Petugas Haji Daerah (PHD), dan untuk tenaga medis atau petugas kesehatan seleksinya dilakukan oleh Dinas Kesehatan,” jelas Yamin.

Untuk diketahui, sebelumnya Kasubdit Bina Petugas Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Ahmad Jauhari, di Jakarta Senin (20/01), mengatakan Kementerian Agama mulai membuka rekrutmen Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 2020 tingkat daerah.

Proses rekrutmen ini dilakukan secara berjenjang dan transparan, guna mendapatkan petugas yang memiliki kompetensi sekaligus komitmen dalam penyelenggaraan ibadah haji. 

Selanjutnya, menurut Jauhari peserta yang lulus seleksi administrasi di Tingkat Kabupaten/Kota akan diumumkan pada 31 Januari 2020.

“Mereka kemudian akan mengikuti tes kompetensi tingkat pertama di Kabupaten/Kota pada 4 Februari 2020,” tutur Jauhari. “Peserta yang lolos seleksi di Kabupaten/Kota, berhak mengikuti seleksi di tingkat Kanwil yang akan dilakukan pada 13 Februari 2020,” imbuhnya. (ebot/inmas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: