Kemenag Maluku Intensifkan Pembinaan ASN

oleh -25 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku,  terus meningkatkan program pembinaan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN).  Proses pembinaan yang diagendakan berjalan setiap pekan ini bertujuan memberi pemahaman dan peningkatan kualitas ASN di lembaga ini, dalam mengimplementasikan setiap program kerjanya

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag,    mengatakan  pembinaan yang dilakukan secara konsistem ini   difocuskan pada aspek kerukunan. Upaya ini sejalan dengan program prioritas Kemenag Maluku yakni peningkatan pemahaman beragama masyarakat, peningkatan kualitas kerukunan umat beragama, dan penguatan moderasi beragama.  Demikian, disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag, dalam pembinaan ASN yang berlangsung di Aula Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Senin (31/8)

Baca Juga  Tiara Andini Merinding Lagu Debutnya Langsung Tembus Top 5 Trending di YouTube

Tiga program strategis ini merupakan langkah terpenting dalam mewujudkan Provinsi Maluku yang toleran, rukun dan moderat. “Kita harus pertahankan kondisi Maluku yang kondusif dan aman, serta menjadi contoh dalam kehidupan yang rukun, toleran, karena Maluku adalah ikon perdamaian dan kerukunan di Indonesia,” pungkas Kakanwil.

Sementara itu, Dr. Abidin Wakano yang tampil sebagai pemateri dalam kegiatan ini mengatakan kerukunan atau keharmonisan antar umat beragama harus dipahami dan diimplementasikan ASN Kanwil Kemenag Provinsi Maluku. “Sebagai bangsa yang besar, kita harus saling menghargai apa yang ada di dalam bangsa ini. Mulai dari beragamnya suku, bahasa, agama, serta adat istiadat kebiasaan yang berbeda-beda,” kata Abidin

Link Banner

Wakano yang juga salah satu dosen IAIN Ambon ini mengatakan, salah satu misi besar Kementerian Agama adalah merawat Kebhinnekaan dan menjadi membawa pesan keagamaan yang mendamaikan. “Maluku memiliki budaya “manggurebe maju” yang seharusnya “baku kele”, baku kele ini juga selaras dengan pesan persaudaaran dalam umat  beragama, jadi mari kita merawat persaudaraan dan kerukunan di Maluku yang sudah terjaga ini,” kata Abidin.

Baca Juga  BJ Habibie Meninggal Dunia

Turut hadir, Plt. Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku H. M. Yasir Rumadaul beserta seluruh pejabat eselon III dan IV lingkup Kanwil Kemenag Maluku dan seluruh ASN. (red/inmas/mg)