Kemenag Malut Gelar Rakor Persiapan Paspor Jamaah Calon Haji Tahun 2020

oleh -129 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Dalam rangka peningkatan layanan penyelenggaraan Haji di Provinsi Maluku Utara, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara dalam hal ini Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Paspor Jamaah calon haji Provinsi Maluku Utara Tahun 2020, bertempat di Meetting Room Asrama Transit Haji Ngade Ternate pada Rabu (12/02).

Rapat yang dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Malut H. Sarbin Sehe, Kepala Kantor Kemenag, Kepala Seksi PHU kanwil dan Kab/Kotab se Maluku Utara, bersama Kantor Imigrasi Ternate dan Tobelo tersebut membicarakan tentang kesiapan, perkembangan dan masalah-masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan pembuatan paspor bagi calon jamaah haji tahun 2020.

Kegiatan dibuka oleh kakanwil, didampingi oleh Kabid PHU H. Ridwan kharie, dalam sambutannya Kakanwil menginginkan seperti tahun 2019 lalu pembuatan paspor jamaah haji telah berjalan dengan baik serta tepat waktu sehingga diharapkan pada tahun 2020 ini dipertahankan, bila perlu ditingkatkan lagi.

Baca Juga  Ogah Terjebak, Negara Kecil Ini Pilih Miskin Ketimbang Terima Utang China

Pembahasan jadwal paspor dengan Kankemenag Kab/Kota menjadi catatan penting pada Rapat kali ini, bahwa masih banyak kendala pembuatan paspor dengan ketentuan yang selama ini berlaku, namun beberapa masukan tekhnis dari Kankemenag menjadi catatan penting dalam peningkatan layanan paspor pada tahun ini.

Dari banyak pandangan dalam rapat tersebut, telah melahirkan beberapa kesepakatan diantaranya jadwal mobile paspor yang akan dilakukan dalam wilayah Maluku Utara, selain itu batas akhir pemasukan berkas pada tangggal 21 Februari 2020 sudah harus tuntas dilakukan.

Pada rapat koordinasi tersebut, petugas Kanim banyak memberikan masukan solusi permasalahan serta kemudahan dalam layanan nantinya, berharap koordinasi, konsultasi dan komunikasi dapat berjalan dengan baik, antara Kanim sebagai penyelenggara paspor maupun secara teknis oleh PHU Kab/Kota. (red/adhy/inmas)