Kemenkumham Malut Kunjungi YLBH RKS Sanana

oleh -37 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Rakyat Kepulauan Sula (YLBH-RKS) kembali di kunjungi oleh Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara, Kamis, 03 September 2020

Kunjungan ini berkaitan dengan perihal Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Bantuan Hukum oleh Panitia Pengawas Daerah Kanwil Kemenkumham Maluku Utara dalam rangka memonitoring dan mengevaluasi kinerja Organisasi Bantuan Hukum Terakreditasi di Provinsi Maluku Utara Tahun Anggaran 2020.

Melalui Surat Perintah Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara Husni Thamrin Nomor : W.29.UM.01.01-3065 memerintahkan kepada Kepala Subbidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum dan Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum, Anita Safitri beserta tim untuk melakukan kegiatan pemantauan dan dvaluasi Pelaksanaan Bantuan Hukum ke OBH Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Rakyat Kepulauan Sula yang bertempat di Sanana Kepulauan Sula selama 3 (tiga) hari mulai dari tanggal 02/04 September 2020.

Baca Juga  Malam Minggu, giliran Batu Gantong yang ”reseh”

Menurut Anita “Pemantauan dan Evaluasi yang dilakukan oleh Panitia Pengawas Daerah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara terhadap Organisasi Bantuan Hukum dalam hal ini OBH Yayasan Bantuan Hukum Rakyat Kepulauan Sula dimaksudkan untuk memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan bantuan hukum baik evaluasi terhadap kinerja OBH maupun terhadap Klien atau masyarakat yang mendapatkan bantuan hukum gratis, apakah setiap proses dalam berperkara benar2 didampingi oleh OBH atau tidak.”

Link Banner

Kedatangan Tim Pengawas Daerah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM tersebut di terima langsung oleh Direktur YLBH-RKS Iksan Buamona, Koordinator Bidang Litigasi Mirdan Buamona, SH dan Kepala Kantor Andi Taohi.

Pertemuan berlangsung hangat dan akrab dan kemudian dilanjutkan dengan proses wawancara oleh Tim Pengawas Daerah Kanwil terhadap klien yang saat ini di dampingi oleh YLBH-RKS, baik klien yang sementara sudah dirumahkan maupun klien yang saat ini berada di Lembaga Pemasyarakatan Sanana.

Baca Juga  Sontoloyo. Pendukung Jokowi Pakai Pasal Karet KUHP Gebuk Majalah Tempo

Kunjungan ini adalah kunjungan tahunan, dimana setiap OBH yang sudah Terakreditasi oleh kementerian Hukum dan HAM selalu mendapat kunjungan seperti ini setiap tahun dalam rangka memonitoring dan mengevaluasi kinerja OBH.

Selain mewawancarai langsung klien, kami dan tim juga selalu berdiskusi terkait dengan kondisi OBH dalam melaksanakan tugas pandampingan di lapangan. Ini bertujuan agar Tim Pengawas juga mengetahui kondisi terakhir dari OBH Terakreditasi. (ifo)