Kenali Ciri Kosmetik Abal-abal, Bisa Sefatal Ini Efeknya Jika Nekat Dipakai

oleh -9 views

Porostimur.com, Jakarta – Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) RI meminta masyarakat untuk mewaspadai keberadaan produk kosmetik ‘abal-abal’.

Direktur Pengawasan Kosmetik BPOM RI Irwan SSi, Apt, MKM mengimbau masyarakat untuk tidak mudah tergiur dengan klaim ‘bombastis’ terkait manfaat sebuah produk kosmetik, khususnya produk dengan merek tidak jelas.

Ia berkata masih ada banyak masyarakat yang tergiur dengan klaim berlebihan dari sebuah produk kosmetik, padahal risiko kesehatan yang ditimbulkan bisa sangat berbahaya akibat bahan yang digunakan.

“Masyarakat masih beranggapan kosmetik itu produk ‘fashion’ yang tidak memberikan risiko tertentu. Padahal kosmetik itu kan produk farmasi dan tentu risikonya ada. Ini kadang-kadang masyarakat abai,” kata Irwan ketika ditemui awak media di Jakarta Utara, Rabu (29/5/2024).

Baca Juga  Pemerintah Siapkan Aturan Sanksi ASN yang Terlibat Judi Online

Selain karena ingin hasil yang instan, harga yang cenderung lebih murah juga membuat tak sedikit masyarakat akhirnya membeli kosmetik abal-abal.

Irwan menuturkan secara umum temuan produk kosmetik abal-abal mulai mengalami penurunan. Namun, ia berkata bahwa merkuri dan hidrokuinon masih menjadi bahan berbahaya yang sering ditemukan dalam produk kosmetik abal-abal.

Irwan mengingatkan bahwa efek merkuri dan hidrokuinon yang digunakan dalam produk kosmetik abal-abal bisa membahayakan organ.

No More Posts Available.

No more pages to load.