Kepala BNBP Sumbang Rp1 Miliar untuk Korban Gempa Maluku

oleh -46 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pasca terjadi gempa 6,8 SR yang mengguncang wilayah Pulau Ambon dan sekitarnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Jumat 27 September 2019, tiba di Kota Ambon dan didampingi Gubernur Maluku, Murad Ismail, langsung mengunjungi daerah yang terdampak gempa, guna memastikan penanganan darurat, khususnya terhadap korban luka berjalan dengan baik.

Dalam kunjungannya, Doni Monardo langsung melihat kondisi pengungsian pada sejumlah lokasi dan juga melihat langsung dampak kerusakan akibat gempa. Diantaranya ke areal Kampus Darussalam, Kabupaten Maluku Tengah di Tulehu yang mana pada lokasi ini TNI mendirikan rumah sakit lapangan untuk merawat warga yang terluka akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

Baca Juga  Kritikus Ini Bikin Arteria Dahlan Jadi Bulan-bulanan Warganet

“Saya berharap bagi pemerintah daerah, BMKG, TNI dan Polri intensif mensosialisasikan masyarakat untuk kembali ke rumah mereka. Selain itu mengimbau warga agar hanya menerima informasi dari pihak berwenang dan tidak mudah terpengaruh kabar hoaks,” Tegas Doni
Kepada awak media di ruang transit VVIP Bandara Internasional Pattimura Ambon.

Doni juga mengatakan, BNPB telah mengirimkan personel untuk mendukung penanganan darurat pasca gempa. Selain itu juga membawa bantuan logistik dan peralatan ke lokasi terdampak diantaranya matras 149 lembar, perlengkapan keluarga 200 paket, selimut 500 lembar dan sandang 500 paket.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana juga memberikan bantuan senilai Rp. 1 Miliar untuk membantu korban gempa di Maluku, Bantuan ini diserahkan langsung oleh Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Munardo dan diterima Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Baca Juga  Lantamal IX Ambon Komitmen Bebas Rokok

Penyerahan bantuan ini dilangsungkan di ruang transit VVIP Bandara Internasional Pattimura, selain bantuan senilai Rp. 1 miliar, BNPB juga kata mantan Pangdam XVI/Pattimura itu, BNPB akan mengirimkan 1 unit Rumah Sakit (RS) Lapangan lengkap dengan perlengkapan.

“Tidak termasuk perlengakapan medis. Tempat tidur, matras dan sebagainya,”ungkapnya. (ebot)