Kepsek harus bijaksana implementasikan K-13

@Porostimur.com | Ambon : Salah satu tujuan digelarnya Pelatihan Manajemen Kepala Sekolah dan Implementasi Kurikulum 2013 (K-13), yakni agar masing-masing kepala sekolah bijaksana dalam mengelola anggaran pada masing-masing lembaga yang dipimpinnya.

Hal ini ditegaskan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kota Ambon, Romeo Soplanit, saat membuka kegiatan dimaksud, di aula SMKN 7 Ambon, Senin, (18/12).

Menurutnya, pembekalan dan pelatihn sangat penting diberikan kepada masing-masing penanggung jawab sekolah yang ada dalam lingkup pelayanan pihaknya.

”Karena memimpin sebuah lembaga pendidikan sangat berat dan susah, contoh kalau dapat dana yang terbatas bagaimana dengan bijak mengelola dana tersebut sehingga kemashalatan yang dipimpinnya diterima merata oleh seluruh anggota yang dipimpinnya,” ujarnya.

Pelatihan ini, akunya, membentuk seorang kepala sekolah bagaimana merencanakan, melaksanakan kerja serta mengawasi dan mengevaluasi dengan baik.

Dimana, sasaran yang ingin dicapai, tegasnya, yakni peningkatan kapasitas kepsek lebih bijaksana dan membina sekolah.

Kesempatan yang sama, Kepala Seksi (Kasie) Pengendalian Mutu Pendidikan Dasar, Mareike Hukom, menegaskan bahwa untuk dapat mengimplementasi K-13, maka manajemen kepsek harus diperbaiki lebih dahulu.

”Karena kurikulum 2013 merupakan program Nasional yang pada akhirnya harus dijalankan oleh seluruh sekolah. Saat ini masih terjadi dualisme kurikulum. Kedepan, dualisme ini tidak akan terjadi lagi. Sehingga, di sekolah akan merata mengimplementasi kurikulum 2013,” pungkasnya. (Grace Pello)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: