Keren, Siswa SDN 33 Ubo Ubo Ternate Juarai Kompetisi Pemograman Nasional

oleh -18 views

Kodland, platform kemampuan digital atau platform online untuk keterampilan digital di Jakarta, yang berkantor pusat di Singapore (www.kodland.org) baru saja menggelar ajang Kompetisi Internal Tingkat Nasional kategori Usia 10 – 12 pemrograman visual yang diikuti oleh 22 anak-anak Sekolah Dasar yang tersebar di beberapa  provinsi di Indonesia yang tertarik dengan Game Platformer secara online.

Ajang bergengsi yang diharapan melahirkan programer belia di Indonesia itu, menetapkan nama Hugo Siradjul Mahfudz (11) sebagai juara pertama atau juara 1.

Hugo yang tercatat sebagai murid kelas VI  SDN 33 Ubo Ubo Ternate Provinsi Maluku Utara, itu berhasil mengalahkan sejumlah siswa sekolah nasional dari pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan sejumlah pulau lainnya.

Baca Juga  Rektor ITB Dilaporkan ke Bareskrim Polri Gara-gara Sirekap

Sebagaimana dijelaskan Yakub Widodo, SH, MH, orang tua Hugo, ajang yang digagas Kodland Indonesia itu, pada prinsipnya berupa pembelajaran sekaligus Kompetisi Game Platformer, yang berlangsung di 32 kali kelas pembelajaran yang berlangsung secara online dalam kurun waktu tujuh (7) bulan, terhitung mulai bulan Juli 2023 sampai Januari 2024.

“Dalam pembelajaran terakhirnya, 22 peserta dari seluruh wilayah Indonesia, mempresentasikan kreasi game yang mereka susun selama ini,” kata Yakub Widodo di Ternate, Minggu (28/1/2024) siang. Dia menambahkan, base on pemrograman algoritma scratch dalam Basic 2 Dimention (2D) Game Creator, di hadapan Juri dan para murid peserta lainnya, merepresentasikan hasil karyanya.

Baca Juga  Lagu Pelukis Pilu Disambut Baik, Andmesh Lengkapi dengan MV

Hugo sendiri mempresentasikan game kreasinya dengan tema game memancing. Adapun parapameter atau kriteria penilaiannya diantaranya berdasarkan; 1. Disain Dasar, 2. Grafis Scracth., 3. Menyusun Cerita., 4. Manajemen Projek., 5. Penggunana kordinat Algoritma 2D., 6.Kemanpuan pengguanaan fisika sederhana dakam game. dst.

“Setelah melalui serangkaian penilaian, Hugo memperoleh penilaian sebagai game creator yang idenya ditimbang original dengan penggunaan Clcoding yang paling kompleks, sehingga menyandang peringkat terbaik pertama di Coding Scracth Game Creator kategori usia 10 sampai 12 tahun 2024,” kata Yakub Widodo.

Atas raihan prestasinya itu, Hugo berhak mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dari Kodland Indonesia sebagai penambah portofolio curicullum vitae peserta untuk jenjang  lebih lanjut.

Baca Juga  Penyegaran Birokrasi? Sekadar Catatan Pinggir

“Seneng aja. Meski ngga pernah berpikir untuk juara. Yang penting berkreasi dengan orisinal,” kata Hugo berbangga.

sumber: suaramerdeka

No More Posts Available.

No more pages to load.