Kerukunan Umat Beragama di Turki

oleh -22 views
Link Banner

Oleh: Jaya Suprana: Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Turki memiliki perbendaharaan warisan peradaban Nasrani bukan terbatas pada Hagia Sophia saja.

Di Istanbul, di samping Hagia Sofia masih ada Katedral Orthodox Patriarchate, Hagia Eirena, Gereja Sveti Stefan, Katedral Theotokos Pammakaristos.

Di luar Istanbul terdapat gereja-gereja kuno di dalam gua-gua Capadocia, kediaman Bunda Maria di Selcuk, Izmir, tujuh gereja Revelation di Ephesus, Smyrna, Pergamin, Thyatira, Sardis, Philadephia, Laodicea demi menghormati duapuluh empat santo.

Link Banner

Ada pula Assyrian Gereja Ortodox Bunda Maria di Diyarbakir dan Mardin, katedral Santo Pierre di Hatay, biara Deyrulzafaran di Mardin, biara Alahan dan sumur Santo Paulus di Tarsus, Mersin, Katedral Salib Suci di Akdamar, dan Hagia Sofia di Trabzon.

Baca Juga  Nuri Drakula dari Papua yang Terancam Punah Akibat Perburuan Liar

Biara Sumela

Akhir-akhir ini warisan peradaban Nasrani di Turki yang sedang mengglobal adalah Biara Panagia Soumela di Trabzon.

Terberitakan bahwa Pemimpin Gereja Ortodoks Fener-Yunani, Bartholomew, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas restorasi Biara Sumela serta pembukaan kembali biara itu untuk dihuni para biarawan dan terbuka dikunjungi para peziarah Nasrani.

Biara Panagia Soumela resmi dimaklumatkan oleh Presiden Turki melalui sebuah upacara virtual pada hari Selasa 28 Juli 2020 di tengah suasana prahara Corona setelah pekerjaan restorasi berkepanjangan usai.

Idul Adha

Melalui pembicaraan lewat telpon dengan presiden Turki, pemuka gereja ortodoks Fener-Yunani tidak lupa mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha kepada umat Islam khususnya yang berada di Turki.

Baca Juga  Soal Anggaran Penanganan Covid 19, Kadis BPMD dan Kepala Desa Wai Ina Berbeda

Pekerjaan restorasi di biara agung yang sempat hancur akibat petaka kebakaran itu telah selesai setelah penataan ulang lansekap serta penguatan pemeliharaan geologi dan geoteknik bebatuan dilakukan.

Salah satu pusat wisata religi paling penting di Turki itu telah melewati masa restorasi atas prakarsa pemerintah Turki yang dimulai pada Februari 2016.

UNESCO

Terletak di desa Livera, distrik Macka, Turki, biara Panagia Soumela merupakan situs sejarah dan peradaban Nasrani sebagai biara ortodoks Yunani tertua di planet bumi.

Pada tahun 2000 monumen bersejarah tersebut masuk ke dalam daftar sementara situs Warisan Dunia UNESCO.

Insya Allah, pemberitaan bahwa kepala gereja ortodoks Fener-Yunani mengucapkan terima kasih kepada Presiden Turki atas restorasi biara Panagia Soumela atas prakarsa pemerintah Turki membuktikan bahwa sebenarnya kerukunan antar umat beragama di Turki tidak seburuk seperti yang dihebohkan masyarakat dunia akibat Erdogan mengfungsikan Aya Sofia di Istanbul sebagai masjid.

Baca Juga  Warga Halmahera Utara Serahkan Senjata & Granat ke Satgas Yonarmed 9 Kostrad

Silakan para Islamofobiak menyemooh peristiwa kebudayaan tersebut sekadar pencitraan namun pada hakikatnya tetap merupakan sebuah kenyataan yang secara tak terbantahkan membuktikan bahwa toleransi beragama masih hadir di Turki. (*)

Sumber: kompas.com