Kesombongan Iblis yang Menolak Perintah Allah untuk Bersujud, Ini Kisahnya

oleh -36 views

Kesombongan iblis yang menolak untuk menolak perintah Allah juga disebutkan dalam Al-Qur’an. Diceritakan bahwa Allah SWT mengusir iblis dari surga karena tak mau sujud kepada Nabi Adam, manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT.

Allah SWT berfitman dalam surah Al-A’raf ayat 11 dan 12:

وَلَقَدْ خَلَقْنٰكُمْ ثُمَّ صَوَّرْنٰكُمْ ثُمَّ قُلْنَا لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ اسْجُدُوْا لِاٰدَمَ فَسَجَدُوْٓا اِلَّآ اِبْلِيْسَۗ لَمْ يَكُنْ مِّنَ السّٰجِدِيْنَ
Artinya: “Sungguh, Kami benar-benar telah menciptakan kamu (Adam), kemudian Kami membentuk (tubuh)-mu. Lalu, Kami katakan kepada para malaikat, “Bersujudlah kamu kepada Adam.” Mereka pun sujud, tetapi Iblis (enggan). Ia (Iblis) tidak termasuk kelompok yang bersujud.”

قَالَ مَا مَنَعَكَ اَلَّا تَسْجُدَ اِذْ اَمَرْتُكَ ۗقَالَ اَنَا۠ خَيْرٌ مِّنْهُۚ خَلَقْتَنِيْ مِنْ نَّارٍ وَّخَلَقْتَهٗ مِنْ طِيْنٍ

Baca Juga  Sasar Layanan Kargo Nikel, Jasa Armada Ekspansi Pasar ke Maluku Utara

Artinya: “Dia (Allah) berfirman, “Apakah yang menghalangimu (sehingga) kamu tidak bersujud ketika Aku menyuruhmu?” Ia (Iblis) menjawab, “Aku lebih baik daripada dia. Engkau menciptakanku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah.”

Disebutkan dalam buku Yang Tersembunyi, Jin, Iblis, Setan, dan Malaikat dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah serta Wacana Pemikiran Ulama Masa Lalu dan Masa Kini karya M Quraish Shihab, iblis menduga bahwa ia lebih mulia atau lebih baik dari Adam karena ia diciptakan dari api sedangkan Adam dari tanah.

No More Posts Available.

No more pages to load.