Ketika Diam Dianggap sebagai Sebuah Pengkhianatan

oleh -120 views

“Kebebasan tidak pernah diberikan secara sukarela oleh penindas; itu harus dituntut oleh yang tertindas.” (Martin Luther King, Jr.)

Oleh: Isa Ansori, Kolumnis dan Akademisi

Sepertinya quote yang diberikan oleh Martin Luther King, Jr ini cocok menggambarkan situasi politik yang terjadi saat ini.

Praktik politik yang membusukkan demokrasi tak lagi malu dipertontonkan, presiden yang seharusnya menjadi guru bangsa dan negarawan, kini benar benar telah menjadi alat untuk mempertahankan kekuasaan dengan jalan mengangkangi instrumen instrumen pertahanan kekuasaan.

Selama 25 tahun pasca-reformasi, dimana salah satu amanahnya adalah penegakan demokrasi dan pelaksanaan pemerintahan yang baik dan bersih, hanya di zaman Jokowi yang terlihat berbeda, Jokowi tak hanya mengingkari amanah reformasi tapi juga menghidupkan kembali watak Orde Baru dan Orde Lama dalam praktik kepemimpinannya.

Baca Juga  130 Tim Siap Berlaga di Festival Sepak Bola Usai Dini Bertajuk Soekarno Cup

Jokowi seperti dimabuk oleh kekuasaan dan takut kehilangan, sehingga terlihat sangat sibuk sekali menghadirkan isu-isu yang anti demokrasi, isu perpanjangan jabatan, penundaan pemilu dan Jokowi tiga periode dengan berbagai alasan dan argumentasi. Bahkan yang terakhir, beliau sibuk sekali meng-endorse capres tertentu dan mengatur jalannya persekongkolan yang dikemas dengan nama koalisi, tujuannya hanya satu kekuasaan yang dia genggam tidak berpindah kepada orang lain, terutama kepada Anies Baswedan.

No More Posts Available.

No more pages to load.