Ketua APEKSI Komwil VI Berharap Para Walikota Berinovasi Memajukan UMKM

oleh -30 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah (Komwil) VI telah menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Anggaran Pemulihan Dampak Pandemi yang dilaksanakan selama 2 hari (10-12 Juni 2021) di Kota Ambon.

Ketua APEKSI Komwil VI, Ali Ibrahim kepada wartawan, Jumat (11/6/2021) mengatakan, pandemi Covid-19 bukan hanya berdampak pada kesehatan manusia saja, tetapi juga berdampak terhadap memburuknya sistem keuangan negara yang ditunjukkan dengan penurunan berbagai aktivitas ekonomi domestik, sehingga hal ini menjadi salah satu tujuannya diselenggarakan workshop ini.

APEKSI Komwil VI diharapkan dapat melahirkan inovasi baru terutama inovasi tentang pengelolaan anggaran yang baik serta kebijakan strategis sehingga dapat  membantu pemerintah daerah dalam pengelolaan anggaran pasca pandemi.

Baca Juga  Menlu: Permasalahan Palestina bukan soal agama

Untuk itu, Ibrahim selaku Ketua APEKSI Komwil VI berharap, para Walikota dapat berinovasi untuk memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) didaerah masing-masing supaya dapat membantu meningkatkan daya beli masyarakat, serta memulihkan perekonomian daerah.

“Harapan diadakannya kegiatan workshop pasca pandemi ini, pemerintah daerah atau masing-masing Walikota itu membuatkan inovasi, tidak tergantung APBD tetapi berinovasi sehingga UMKM di daerah masing-masing bisa bertumbuh dan masyarakat bisa mudah dalam membelanjakan itu. Itu salah satu tujuannya workshop ini, seperti contoh go digital di Kediri”, ujarnya.

Terkait dengan rekomendasi yang dihasilkan dari workshop tersebut, Ibrahim menuturkan APEKSI Komwil VI akan memberikan rekomendasi kepada Kementerian terkait, terutama Pariwisata dan Kemaritiman supaya bisa diberi bantuan dari pemerintah pusat melalui beberapa program-program ke daerah sehingga melalui Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), ekonomi daerah bisa bertumbuh atau pertumbuhan ekonomi meningkat.

Baca Juga  Rosalía Sajikan Trailer Kolaborasinya Bersama The Weeknd, ‘La Fama’

Dirinya juga berterima kasih kepada Walikota Ambon yang menjadi tuan rumah dalam kegiatan workshop ini.

“Saya sebagai Ketua Komwil VI APEKSI se-Indonesia Timur berterima kasih bahwa telah melaksanakan kegiatan workshop yang difasilitator oleh Walikota Ambon dan dihadiri oleh beberapa narasumber dari Kementerian dan juga Walikota Kediri yang mempunyai pengalaman dalam memajukan Kota Kediri”, ucapnya. (alena)