Ketua Bawaslu Malut: Beda Pilihan Jangan Sampai Putuskan Silaturahmi

oleh -19 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Berbeda pilihan dalam pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ternate tahun 2020, jangan sampai memutuskan tali silaturahmi sesama masyarakat.  

“Pertama menjaga silaturahim, beda pilihan itu hal wajar. Kelurahan Tadenas ini harus tunjukan bahwa perbedaan pilihan itu hal wajar, jangan sampai beda pilihan kita tidak lagi saling memberikan kebutuhan dapur,” kata Ketua Bawaslu Maluku Utara, Muksin Amrin, SH, MH pada acara Deklarasi Kampung Pemilih Bermartabat (KALIBER) di kelurahan Tadenas Kecamatan Moti, Kamis

Selain itu Ketua Bawaslu menilai Tolak Politik Uang, Politisasi SARA dan tolak informasi atau berita hoax, ini menunjukan bahwa masyarakat di Kelurahan Tadenas sudah siap menghadapi Pilkada tahun 2020 ini.

Baca Juga  Kapolda Maluku Wajibkan Anggotanya Gunakan Masker Saat Beraktivitas untuk Cegah Covid-19

“Kelurahan ini diberikan tugas utama untuk menunjukan kepada Kelurahan lain bahwa prinsip Pilkada atau pemilihan itu adalah menyalurkan hak politik secara hati, tidak harus ditekan, diintimidasi, di dorong, tetapi karena keinginan batinnya sendiri untuk datang ke TPS dalam rangka menyalurkan hak politik,” paparnya.

Link Banner

Meski Muksin Amrin mengaku, di setiap momentum Pemilihan suhu politik di Kecamatan ini sangat panas, tarikanya sangat kuat. Tetapi Ketua Bawaslu percaya masyarakatnya masih bisa hidup rukun, harmonis dan menjaga silaturahmi.

“Saya paling tahu rana Pilkada di Kecamatan Moti, tarikanya luar biasa walaupun Kecamatanya Kecil. Panas, tapi di aspek yang lain saling silaturahim, duduk bersama minum kopi, isap rokok, bercerita, bersenda gurau, itu hal wajar,” katanya.

Baca Juga  Permudah Transaksi Keuangan, BI Terapkan SKNBI

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Asisten III Wali Kota Ternate, Thamrin Alwi mengatakan, secara histori Kelurahan Tadenas dan Pulau Moti memiliki basis perdamaian yang begitu kuat di masa keemasanya.

“Ada latar belakang secara historis, Tadenas memiliki sejarah yang cukup baik dan cukup bagus, karena itu perjuangan suci para Kolano di masa lalu sebelum republik ini merdeka dapat diwarisi oleh pewaris di Pulau Moti. Generasi yang ada di Moti secara keseluruhan, di Kelurahan Tadenas agar jangan menodai perjuangan para leluhur kita, terutama menjelang pesta demokrasi lima tahunana ini,” katanya. (red)