Jurnalis Halbar Sesalkan Sikap Oknum Security Bank Maluku-Malut Usir Wartawan

oleh -43 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Sikap tidak terpuji yang ditunjukan oleh oknum security Bank Maluku-Malut Cabang Jailolo dengan mengusir wartawan, saat melakukan tugas peliputan sangat disesalkan oleh Ketua Jurnalis Halmahera Barat (KJH) Ruslan Habsy

“Kata-kata yang disampaikan oleh oknum security kepada wartawan yang hendak melakukan tugas peliputan sangat tidak etis. Sebab wartawan sebagai pilar demokrasi harus menyampaikan informasi kepada publik untuk menjalankan tugas yang diatur dalam aturan.” ungkap Ruslan.

Terlebih, yang dibutuhkan oleh wartawan kepada pihak bank hanya persoalan rapel kenaikan gaji 5 persen yang belum disalurkan pihak bank kepada ASN setelah di SP2D-kan oleh dinas Keuangan Pemda Halbar Rabu, 11 Desembet 2019 sebelumnya.

Baca Juga  Seorang IRT di Falabisahaya Meninggal Gantung Diri

Dengan itu, pihak bank harus bersikap wajar dalam melakukan pelayanan atas maksud dan tujuan baik wartawan yang mengkonfirmasi alasan penyebab dari ketidak dicairkannya rapel tersebut.

“Tindakan security ini salah dan sudah melanggar ketentuan perundang-undangan atas keterbukaan ingormasi publik yang ingin dijalankan oleh insan pers.” jelas Ruslan.

Dengan itu, KJH kata Ruslan, meminta kepada direktur Bank Maluku, agar memberi bimbingan tugas kepada security agar kedepan persoalan yang demikian tidak lagi terjadi. Karena sangat mencedrai daerah bahkan bangsa dan negara dalam persoalan kebebasan menerima dan memperoleh informasi sebagai wujud taat aturan.

Terlebih kata Rusalan, rapel kenaikan gaji ASN 5 persen bukan sesuatu yang membahayakan bagi pihak bank jika informasinya diperoleh wartawan. Dengan itu, tidak perlu bertindak lebih yang menyebabkan adanya dugaan kepentingan tertentu oleh bank dan pihak Pemda dalam menahan rapil kenaikan gaji Aparat Sipil Negara.

“Jangan sampai publik melihat ada sesuatu dibalik rapil kenaikan gaji 5 persen ASN itu, sehingga bank milik daerah itu sengaja halangi wartawan mengetahuinya,” katanya.

Baca Juga  Nikki Haley Bisa Jadi ’’Kartu’’ Melawan Harris

Adapun yang dialami, Wartawan koranmalut, Muslim Itolamo dan wartawan Maluttimes Idhar Bakri.

“Kami mengutuk keras perbuatan tersebut dan meminta secara tegas kepada Pimpinan Bank Maluku-Malut Cabang Jailolo untuk mencopot oknum security tersebut,” pungkas Ruslan. (zhulijah)