Ketulusan Prajurit Satgas Yonif RK 732/Banau Dalam Mengabdi Kepada Masyarakat Pulau Terluar Indonesia

oleh -28 views
Link Banner

Porostimur.com | Dobo: Bertugas di pulau terluar dengan segala keterbatasan memberikan tantangan bagi para anggota Satgas Yonif RK 732 Banau , Kolakops 151 Binaiya khususnya tenaga kesehatan militer. 

Hal ini pula yang dialami oleh Anggota Satgas Pam Rahwan Maluku Yonif RK 732/Banau yang ditugaskan di Dobo, Kabupaten Maluku Tengara, Maluku.

Salah seorang anggota pos, Pratu Selo Lukasworo yang merupakan tamtama kesehatan mengungkapkan, Ia melihat bahwa tenaga kesehatan di Puskesmas setempat sangat kurang. Selama ini Pratu Selo melaksanakan pengobatan secara gratis sesuai dengan program Satgas Yonif RK 732 Banau.

Dia menyambangi satu per satu rumah warga yang berada disekitar Pos Satgas untuk memberikan pengobatan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Link Banner

Melihat hal tersebut masyarakat menyarankan kepada Kepala Desa Bapak Piter Herman agar meminta Pratu Selo dapat menjadi tenaga kesehatan yang membantu Puskesmas yang jaraknya cukup jauh dan hal ini pun dibenarkan oleh kepala Puskesmas Mesiang. 

Baca Juga  Bazar Murah Jalasenastri Korcab IX DJA III

Pratu Selo  menceritakan, bahwa Ia selain melaksanakan tugasnya sebagai anggota Pos Satgas, dirinya pun menjadi tenaga kesehatan di Puskesmas Mesiang.

Ia menyampaikan apa yang dilakukannya timbul dari hati yang tulus dan ikhlas. Pratu Selo menjadi tenaga kesehatan tanpa dibayar sepeserpun.

Ia beserta tenaga kesehatan yang ada melaksanakan tugasnya berjaga di puskesmas secara bergantian, namun apabila dibutuhkan Ia beserta tenaga kesehatan lainya sanggup datang ke rumah-rumah masyarakat yang tidak mungkin datang ke puskesmas. 

Dalam kesehariannya Pratu selo serta tenaga kesehatan lainnya melaksanakan pelayanan kesehatan di Kampung Mesiang dan Kampung Gomo-Gomo, dalam menyusuri dua kampung tersebut mereka harus menyebrangi Sungai Barkey selama 10 menit dengan menggunakan perahu kayu.

Baca Juga  Jumlah Pasien Positif Corona di Indonesia Bertambah Jadi 172 Orang

Pelayanan kesehatan di dua kampung tersebut sangatlah dibutuhkan, dilihat dari animo masyarakat yang berobat hingga mencapai 15-20 orang perharinya.

“Kami sampaikan kepada seluruh anggota Satgas Yonif RK 732 Banau, berbuatlah semampu kalian. Bantu kekurangan dan kebutuhan masyarakat sekitar pos satgas. Sehingga dapat bermanfaat bagi sesama.” hal inipun sudah menjadi program kegiatan dalam penugasan kita, kita harus menjadi solusi dalam setiap kesulitan masyarakat yang ada, dari bidang pendidikan,kesehatan maupun ekonomi. Ujar Dansatgas Yonif RK 732 Banau, Letkol. Inf. Suhendar Suryaningrat, SH, M.Si.(keket)