Ketum MUI Maluku Minta Umat Islam Bantu Kemenag Jalankan Program Moderasi Beragama

oleh -43 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku, Abdullah Latuapo meminta umat Islam turut membantu Kementerian Agama dalam menjalankan program pelaksanaan, pengamalan, dan pengembangan ajaran Islam rahmatan lil alamin atau yang disebut moderasi beragama. 

“Saya minta umat Islam di Maluku bisa ikut mensosialisasikan program Kemenag kepada seluruh masyarakat Indonesia, yakni Islam wasathiyah atau Islam moderasi,” ajak Latuapo saat hadir memberikan sambutan pada acara zikir bersama Mejelis Silaturahmi Maluku di Masjid Raya Al-Fatah Ambon, Minggu (9/2).

Latuapo menjelaskan, Islam moderasi adalah Islam yang berada di tengah-tengah,  bukan eksrim kanan dan kiri. Namun disayangkan, sampai saat ini masih banyak orang gemar mengkafirkan di antara sesama.

Baca Juga  Milenial Sehat di Era Covid-19, Perangi Narkoba Menuju Indonesia Emas

“Apa itu Islam ekstrim kanan, yakni orang Islam tukang saling kafir mengkafirkan, bahkan kepada sesama Islam. Sementara ekstrem kiri itu pemahaman liberalisme dengan menganggap semua agama sama,” jelasnya.

Latuapo menegaskan, masalah perbedaan  justru jangan sampai membuat sesama anak bangsa saling mencaci maki dan mengkafirkan.

“Ini penting bagi kita menjalankan program moderasi beragama. Melalui program inilah, harapan kita gerakan-gerakan radikalisme, fundamentalisme, ekstrimisme, terorisme, tukang saling kafir mengkafirkan akan sangat bisa sangat diminimalkan dan dinihilkan,” harapnya.

Moderasi beragama dalam pandangan Latuapo juga dinilai sukses dihadirkan di Indonesia. Menurutnya, jika dulu pusat studi Islam diarahkan ke timur tengah, saat ini negara berasaskan Pancasila ini dijadikan sebagai pusat pembelajaran agama dan kemanusiaan. Sebagai contoh, perguruan tinggi luar negeri telah banyak mengirim mahasiswanya datang melakukan kajian penyelesaian konflik untuk dikembangkan di wilayahnya masing-masing.

“Sebab itu saya mengajak kembali, mari kita bantu lembaga Pemerintah Indonesia, terkhususnya Kementerian Agama dalam rangka menyampaikan misi ajaran Islam penuh rahmat dan damai,” tandasnya.

Baca Juga  AJI Makassar Kutuk Kekerasan Polisi Terhadap Jurnalis Saat Liput Unjuk Rasa

Acara zikir ini turut dihadiri Plt Kakanwil Kemenag Maluku, Jamaludin Bugis sekaligus memberikan tausiyahnyan. Kedatangan Plt Kakanwil didampingi sejumlah pejabat eselon III/IV Kanwil Kemenag Maluku. (keket/zam/inmas)