Keutamaan Meninggal di Bulan Ramadan, Salah Satunya Terbebas dari Azab Kubur

oleh -30 views

Keutamaan meninggal di bulan Ramadan akan diulas berikut ini. Kematian merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari setiap makhluk hidup, tak terkecuali manusia. 

Kematian adalah takdir sekaligus rahasia Allah Subhanahu Wata’ala. Seluruh manusia tidak ada yang mengetahui kapan waktu datangnya hari tersebut. 

Tugas manusia setelah kematian menjemput adalah menunggu datangnya hari kiamat. Lalu, menimbang segala amal dan perbuatan selama hidup di dunia. Hal itu telah tercantum dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat 185, 

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ ٱلْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۖ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ ٱلنَّارِ وَأُدْخِلَ ٱلْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَآ إِلَّا مَتَٰعُ ٱلْغُرُورِ

Artinya:

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.”

Baca Juga  Hampir 10 Juta Gen Z Nganggur, Menyingkap Sisi Gelap Generasi Z

Tentu, setiap manusia ingin meninggal dalam keadaan beriman. Adapun, salah satu golongan orang yang mendapatkan keistimewaan adalah umat Muslim yang meninggal atau wafat di bulan Ramadhan. 

No More Posts Available.

No more pages to load.