Keutamaan Meninggal di Bulan Ramadan, Salah Satunya Terbebas dari Azab Kubur

oleh -38 views

Lalu, apa saja keutamaan meninggal di bulan Ramadhan? Berikut kami akan berikan informasinya dirangkum dari berbagai sumber, Senin (18/3/2024). 

Keutamaan Meninggal di Bulan Ramadan 

1. Mendapatkan Pengampunan Dosa

Terdapat salah satu hadits yang mengatakan jika orang berpuasa hanya mengharapkan ridha dari Allah Subhanahu Wata’ala, ia akan mendapatkan pengampunan dosa yang telah lampau. 

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa berpuasa Ramadan dengan iman dan mengharap pahala kepada Allah, maka diampuni dosanya yang telah lampau.” (H.R. Bukhari).

Dengan kata lain, meninggal dalam keadaan berpuasa di bulan Ramadan diyakini dapat membantu menghapus dosa-dosa seorang Muslim. 

2. Mendapatkan Pahala yang Besar

Keutamaan meninggal di bulan Ramadan selanjutnya adalah mendapatkan pahala yang besar. Sebagaimana Allah Subhanahu Wata’ala jelaskan dalam  Al-Qur’an surat An Nahl ayat 97, 

Baca Juga  Gunung Dukuno Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik 1.500 Meter ke Arah Timur

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُواْ يَعْمَلُونَ

Artinya:

”Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, Maka Sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan Sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An Nahl : 97). 

No More Posts Available.

No more pages to load.