Khutbah Jum’at di Masjid Al-Fatah, Kakanwil Kemenag Maluku Ajak Umat Petik 4 Pelajaran Dari Pandemi

oleh -42 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis menjadi Khatib pada pelaksanaan ibadah shalat jumat di Masjid Raya Al-Fatah, Ambon, Jumat (17/7).

Di hadapan ratusan jamaah, Kakanwil Jamaludin Bugis mengajak segenap umat muslim untuk mengambil pelajaran dari penyebaran wabah pandemi Covid-19.

Terdapat empat pelajaran yang dipesankan Kakanwil. Pertama, jadikan Covid-19 sebagai bahan renungan tentang kebesaran Allah SWT.

Dijelaskan, fenomena ini memberikan pelajaran, bahwa sangat mudah bagi Allah SWT menghancurkan dunia ini.

“Jadi bagaimana mungkin manusia begitu sombong dan lupa diri,” tegas Kakanwil.

Berangkat dari hal tersebut, Kakanwil menegaskan seharusnya umat manusia itu mentadaburi firman Allah  dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 191: “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.”

Baca Juga  Operasi Berhasil, Keluarga Bocah Penderita Atresia Ani Datangi Kejati Malut Sampaikan Rasa Syukur

“Pembuktian wujud kebesaran Allah SWT adalah penciptaan langit dan bumi ini dapat dijadikan sebagai media untuk mendekatkan diri kepada Allah dan lebih mengenal jati diri kita sebagai hamba Allah SWT,” jelas Kakanwil.

Pesan kedua disampaikan Kakanwil, pandemi Covid-19 menjadi pelajaran tentang kedekatan seorang hamba manusia dengan kematian.

Pada aspek pelajaran ini, totalitas ketauhidan manusia adalah semata-semata menuju Allah SWT.

Berikutnya pesan pelajaran ketiga, Kakanwil menyebutkan Covid-19 mengantarkan manusia pada kesadaran integrasi keilmuan, bahwa segala ilmu di dunia berasal dari Allah dan ilmu agama yang paling fundamental di dunia ini.

Pelajaran terakhir yang keempat, wabah Covid-19 mengajarkan manusia tentang kesadaran untuk hidup bersih dan sehat.

Baca Juga  Peringatan Milad PKS di Kabupaten Buru Diwarnai Olahraga Jalan Santai

Islam dinilai mengajarkan bagi umatnya untuk senantiasa bersih 

“Allah tidak menghendaki kesukaan bagi umatnya melainkan kemudahan. Wabah akan berlangsung lama dan dunia akan memasuki peradaban baru yang mengutamakan kebersihan dan kesehatan,” tandas Kakanwil.

Kakanwil tampak didampingi Plt Kabag TU, Yasir Rumadaul, Kepala Bidang PHU, Yamin dan Kepala Bidang Bimas Islam Rusdy Latuconsina. (red/inmas/zam)