Kisah Masuk Islamnya Sa’ad bin Abi Waqqash yang Sempat Ditentang sang Ibu

oleh -21 views

Sa’ad bin Abi Waqqash adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang termasuk termasuk Assabiqunal Awwalun atau sepuluh orang yang dijamin masuk surga. Sosoknya dikenal sebagai pemanah handal.

Mengutip buku Kisah 10 Pahlawan Surga tulisan Abu Zaein, Sa’ad bin Abi Waqqash masuk Islam pada usia 17 tahun. Nama lengkapnya adalah Sa’ad bin Abi Waqqash Wuhaib bin Abdi Manaf.

Sa’ad hidup di bani Zuhrah yang merupakan paman-paman Nabi Muhammad SAW dari pihak ibu. Allah SWT menganugerahi Sa’ad dengan kesempurnaan jasmani, posturnya kokoh, ototnya keras, cengkeramannya kuat, matanya tajam dan jiwanya berani.

Menurut buku Kisah Edukatif 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga karya Luthfi Yansyah, ciri fisik Sa’ad digambarnya mirip dengan Ali bin Abi Thalib. Putri Sa’ad yang bernama Aisyah berkata,

Baca Juga  Gagal Rangkul Kaders dan Simpatisan Partai Golkar, Ramly Umasugi Mulai Main Kuda Kayu

“Ayahku adalah seorang laki-laki pendek, kekar, mempunyai tubuh yang keras dan kuat dengan otot yang besar. Ia memiliki kepala yang besar, jari-jari yang besar dan pendek, dan memiliki banyak bulu.”

Ada kisah menarik mengenai Sa’ad bin Abi Waqqash saat dirinya memutuskan untuk masuk Islam. Menukil dari Nafahat ‘Athirah fi Sirah Shahabath Rasulullah SAW oleh Muhammad Raji Hasan Kinas terjemahan Nurhasan Humaedi dkk, sang ibu menentang Sa’ad ketika masuk Islam.

No More Posts Available.

No more pages to load.