Kisah Pendeta yang Membuat Rasulullah SAW Tertawa Lepas

oleh -59 views

Kisah seorang pendeta yang membuat Rasulullah ﷺ tertawa lepas termasuk di antara kisah-kisah hikmah yang sarat pelajaran berharga. Kisah ini diceritakan dalam satu Hadis yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari.

Sekadar diketahui, kisah ini berkaitan dengan Surat Az-Zumar Ayat 67. Dimana ayat ini menerangkan bahwa bumi seluruhnya berada dalam genggaman Allah pada hari Kiamat. Demikian pula langit digulung dengan tangan kanan-Nya.

Dikisahkan dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, salah seorang pendeta atau rahib datang kepada Nabi ﷺ dan berkata kepada beliau: “Hai Muhammad, sesungguhnya aku menemui (dalam kitab kami) bahwa Allah Yang Maha Perkasa meletakkan langit di salah satu jarinya, bumi di jari yang lain, pohon-pohon di jari yang lain, air dan tanah di jari yang lain, dan makhluk-makhluk lainnya di jari yang lain pula, lalu Dia berkata, “Akulah Raja.”

Baca Juga  Menteri AHY Serahkan Sertipikat Tanah Elektronik di Kubu Raya-Kalbar

Mendengar itu, Rasulullah ﷺ tertawa lepas sehingga kelihatan gigi geraham beliau mengisyaratkan tanda setuju. Kemudian Rasulullah membaca Surat Az-Zumar Ayat 67:

وَمَا قَدَرُوْا اللّٰهَ حَقَّ قَدۡرِهٖ ‌ۖ وَالۡاَرۡضُ جَمِيۡعًا قَبۡضَتُهٗ يَوۡمَ الۡقِيٰمَةِ وَالسَّمٰوٰتُ مَطۡوِيّٰتٌۢ بِيَمِيۡنِهٖ‌ ؕ سُبۡحٰنَهٗ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ

Dan mereka tidak mengagungkan Allah sebagaimana mestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari Kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Dia dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan.” (Az-Zumar Ayat 67)

No More Posts Available.

No more pages to load.