Kisah Qabil dan Habil Tragedi Pembunuhan Pertama di Dunia, Ini Penyebabnya

oleh -259 views
Kisah Qabil dan Habil adalah cerita dimana yang terbunuh jauh lebih mulia daripada yang membunuh. Foto ilustrasi/dok ganaislamika

Kisah Qabil dan Habil tercatat sebagai tragedi konflik bersaudara dan pembunuhan pertama yang terjadi di muka bumi. Kisah dua putra Nabi Adam ‘alaihissalam ini diabadikan Al-Qur’an untuk menjadi pelajaran bagi umat manusia.

Tragedi pembunuhan antarsaudara sekandung ini menjadi isyarat bagi kita bahwa kedengkian dapat memicu pertumpahan darah. Apalagi pada zaman ini, banyak sesama saudara saling mencaci, saling benci, saling iri, saling hasut, saling adu mulut, hingga berujung saling membunuh. Na’udzubillahi min dzalik.

Kisah Qabil dan Habil adalah cerita dimana yang terbunuh jauh lebih mulia daripada yang membunuh. Sesama saudara, Habil lebih memilih jalur damai walaupun sebenarnya Habil berada dalam pihak yang benar.

Baca Juga  Marcello Tahitoe Rilis Lagu Janji Sumpah di Hari Ulang Tahun Pernikahan

Penyebab Habil Dibunuh Oleh Qabil

Kisah Qabil dan Habil, dua putra Nabi Adam ‘alaihissalam ini layak kita jadikan pelajaran berharga. Ustadz Muhammad Saiyid Mahadhir menceritakan kisah ini dalam satu kajian yang dilansir dari rumahfiqih.

Ibnu Katsir dalam kitabnya Tafsir Al-Quran Al-Azhim jilid 3 hal 82, dari Abu Malik dari Abu Shaleh dari Ibnu Abbas dari Murrah dari Ibnu Mas’ud dari banyak sahabat Nabi Muhammad ﷺ diceritakan, dulu Sayyidati Hawa istri Nabi Adam ‘alaihissalam dikaruniai anak kembar setiap kali melahirkan, laki-laki dan perempuan. Syariat yang berlaku pada waktu itu menghendaki dibolehkannya menikah sesama saudara, karena memang pada waktu itu bumi ini hanya diisi oleh mereka saja.

No More Posts Available.

No more pages to load.